Beranda Pengetahuan 12 Gejala Seseorang Menderita Gangguan Mental Obsesif Kompulsif

12 Gejala Seseorang Menderita Gangguan Mental Obsesif Kompulsif

Gejala OCD
Merasa terus-menerus ingin mencuci tangan, OCD

Tak masalah jika sekedar ingin mencuci tangan setelah menyentuh suatu benda yang diduga kotor atau mungkin mengecek ulang pintunya sudah terkunci apa belum. Namun menjadi tidak wajar jika keinginan tersebut cenderung berulang kali, mencuci tangan sampai berulang-ulang atau mengecek pintu sampai bolak-balik. Jika Anda melakukannya, kemungkinan besar mengidap apa yang disebut dengan Obsessive Compulsive Disorder (OCD) atau gangguan obsesif kompulsif.

Sederhananya, seseorang dikatakan mengidap OCD jika merasa berkewajiban untuk melakukan ritual tertentu lagi dan lagi atau berulang meski sebenarnya itu sudah tidak perlu. Penderita memiliki obsesi yang membuatnya merasa cemas, dan untuk menghilangkan kecemasan tersebut, ia cenderung mengambil langkah-langkah tertentu, yang sifatnya memaksa (dari dalam diri).

Ada juga beberapa orang yang memiliki OCD tetapi dapat menyembunyikannya dari pandangan luar, jadi tidak begitu jelas. Namun, banyak pula yang tidak dapat menyembunyikannya dan ciri-cirinya sangat nampak sekali dari luar. Berikut 12 tanda kemungkinan besar seseorang mengidap gangguan mental obsesif kompulsif:


Merasa ingin terus-terusan membersihkan tangan

Kebanyakan orang dengan OCD takut sakit karena kuman. Karena alasan inilah mereka yang sering mencuci tangan atau menggunakan pembersih tangan dapat digunakan sebagai tolok ukur jika seseorang menderita OCD atau tidak.


Ingin semuanya tampak rapi dan bersih (berlebihan)

Apakah Anda sering menghabiskan waktu berjam-jam membersihkan rumah meskipun sebenarnya sudah bersih? Apakah Anda merasa rumahnya perlu dibersihkan lebih menyeluruh dan lebih lama lagi bahkan setelah baru saja dibersihkan? Maka sangat mungkin bahwa Anda saat ini mengidap OCD.


Mengatur segalanya dengan sangat teratur

Kemungkinan besar seseorng mengidap OCD jika selalu merasa meja atau benda laci harus diatur dengan cara tertentu. Merasa semuanya harus seimbang, simetris, dan benar-benar terlihat sangat teratur.


Periksa, periksa dan periksa lagi

Melakukan pemeriksaan ganda misalnya tiga kali akan sesuatu hal masih dianggap wajar pada pada waktu-waktu tertentu. Tetapi jika seseorang ingin terus-terusan mengecek 10 hingga 20 kali saat mematikan kompor, mengunci pintu, atau mematikan komputer, kemungkinan besar adalah gangguan OCD.


Melakukan sesuatu hal bekali-kali atau dalam jumlah tertentu

Beberapa orang dengan OCD merasa terpaksa harus melakukan hal-hal tertentu hingga beberapa kali, seperti menghidupkan dan mematikan lampu 5 kali atau jika tidak anggota keluarga akan mati. Biasanya didorong oleh kepercayaan takhayul, dan jelas ini adalah OCD.


Terus-menerus memikirkan suatu hubungan

Seseorang kemungkinan besar memiliki OCD jika terus-menerus terobsesi dan membesarkan masalah kecil tentang kerabat, rekan kerja, pacar atau bahkan tetangga.


Merasa takut dengan keselamatan diri secara tidak wajar

Contoh misalnya apakah Anda sering mengambil rute lain saat ke kantor karena takut akan dirampok? Apakah Anda terus-menerus memanggil orang yang Anda cintai untuk memastikan bahwa ia aman? Maka itu termasuk kebiasaan tidak normal dan kemungkinan besar adalah OCD.


Terobsesi melakukan sesuatu yang tidak pantas, kekerasan, dll (secara seksual)

Kemungkinan besar mengidap OCD jika seseorang terus-menerus memikirkan ide kekerasan, seperti menabrakkan diri di depan truk yang melaju kencang. Kadang-kadang juga bisa terpaku pada hal-hal yang tidak pantas secara seksual, seperti meraba-raba orang asing.

Terus-menerus mencari ketenangan dan perhatian dari orang lain

Untuk menenangkan pikiran cemas yang dialaminya, seseorang dengan gangguan mental OCD cenderung selalu ingin mencari sandaran yang konstan. Kemungkinan besar seseorang mengidap OCD jika selalu bertanya kepada teman atau orang terdekatnya akan sesuatu hal. Karena dengan mendengarkan jawaban dari temannya tersebut, pikirannya akan sedikit lebih tenang namun tidak berlangsung lama.


Tidak pernah merasa puas dengan penampilannya

Ada gangguan lain terkait dengan OCD yang disebut gangguan dysmorphic tubuh atau BDD. Jika seseorang memiliki BDD, ia akan selalu merasa dengan apapun penampilan dirinya, entah itu bentuk hidung, mata, pipi, dll semuanya akan dikomentari.


Tidak mampu mengabaikan hal-hal tertentu yang tidak penting

Sebagai contoh misalnya suka menyimpan tanpa alasan koran-koran bekas, pembungkus kado, gelas kertas, dan barang-barang lainnya yang tidak penting dan justru merasa cemas jika harus membuangnya. Maka itu termasuk salah satu sinyal dari gangguan OCD.


Tidak dapat melewatkan ritual atau rutinitas tertentu

Ritual membuat seseorang dengan OCD merasa aman dan nyaman, melewatkannya walau cuma sekali akan membuatnya merasa cemas tidak bahagia. Jika Anda merasa tidak sanggup dan tidak bisa melewatkan suatu rutinitas meski sebenarnya tidak berdampak apa-apa, maka itu termasuk dari gejala OCD.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here