Beranda Kesehatan 4 Cara Alami Tingkatkan Testosteron, Hormon Kejantanan Pria

4 Cara Alami Tingkatkan Testosteron, Hormon Kejantanan Pria

Tubuh pria six pack
Tubuh pria yang atletis

Meskipun wanita juga memiliki testosteron, namun kadar testosteron yang tinggi sering dikaitkan dengan esensi kejantanan. Memang benar bahwa hormon ini memainkan peran penting dalam reproduksi dan seksualitas pria. Tetapi testosterone memiliki kegunaan lain karena juga berdampak pada pertumbuhan rambut dan massa otot.

Itulah sebabnya mengapa kebanyakan pria mencari cara untuk meningkatkan kadar testosteronnya. Meskipun ada suplemen dan perawatan yang diyakini dapat meningkatkan produksi hormon, ada cara alternatif yang tidak bergantung pada produk komersial semacam itu.Jika Anda ingin meningkatkan kadar testosteron secara alami, berikut ini beberapa yang harus dilakukan:

Menurunkan berat badan

Menurut sebuah penelitian, yang dipresentasikan pada pertemuan Endocrine Society 2012, pria yang kelebihan berat badan lebih rentan terhadap kadar testosteron yang rendah. Karena itu penting untuk menurunkan berat badan, yang merupakan cara paling alami untuk meningkatkan produksi hormone tersebut. Mulailah dengan membatasi konsumsi gula olahan, terutama fruktosa.

Makan makanan yang tepat

Sebisa mungkin, makanlah makanan utuh, terutama buah-buahan dan sayuran. Ikan, unggas tanpa kulit, karbohidrat kompleks, kacang-kacangan, dan biji-bijian harus dimasukkan ke dalam diet makanan Anda. Pilihlah untuk mengonsumsi makanan dalam keadaan alaminya guna meningkatkan kadar testosteron Anda.

Tidur yang cukup

Sebagian besar pria dengan kadar testosteron rendah tidak cukup tidur di malam hari. Jika Anda mengalami penurunan pada jumlah testosteron, cobalah untuk mencapai setidaknya tujuh jam tidur yang berkualitas.

Tetap aktif

Hormon ini memiliki kemampuan beradaptasi dengan kebutuhan tubuh. Misalnya, jika Anda selalu berbaring di sofa, otak akan percaya bahwa Anda tidak benar-benar membutuhkan banyak testosteron untuk meningkatkan tulang dan otot. Sementara, jika Anda aktif secara fisik, otak akan mendapatkan pesan bahwa Anda membutuhkan lebih banyak hormon.

Tidak harus mulai seperti seorang ahli jika memang belum cukup berolahraga untuk waktu yang lama. Anda bisa memulainya dengan jalan cepat setidaknya 10 menit setiap hari. Terus lakukan dan tingkatkan intensitasnya setiap hari

Keempat metode alami ini telah dibuktikan oleh para ahli dalam hal meningkatkan kadar testosteron. Jangan pula terlalu stress dalam hidup, karena hormon stres, kortisol, mengganggu produksi testosteron. Pada usia 30, kadar hormon akan mulai turun, tetapi Anda dapat meningkatkannya dengan mengikuti tips yang telah disebutkan di atas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here