Beranda Pengetahuan 4 Hal Mengerikan Ini Terjadi jika Mengganti Air Putih dengan Soda

4 Hal Mengerikan Ini Terjadi jika Mengganti Air Putih dengan Soda

Mengganti air putih dengan soda
Mengganti air putih dengan soda

Minuman soda dijual secara umum pertama kali pada tahun 1790-an, sejak saat itu banyak orang mengaku menjadi kecanduan dengan rasanya. Sekarang timbul pertanyaan bagaimana jadinya jika kita benar-benar mengganti air putih dengan soda sebagai minuman sehari-hari?

Dalam kondisi tubuh yang sehat tidak ada riwayat penyakit, mengonsumsi sesekali mengonsumsi minuman bersoda tidak jadi masalah. Namun akan berdampak buruk bagi kesehatan jika mengonsumsinya secara rutin atau terlalu sering.

Gula, asam fosfat, asam sitrat, bisphenol-A, perasa dan pewarna buatan, adalah beberapa bahan paling merusak kesehatan yang ditemukan dalam soda. Oleh karena itu, meminumnya secara teratur dapat menyebabkan segala macam kerusakan pada tubuh, bahkan dampaknya bisa sangat serius.

Lebih lanjut, berikut adalah hal-hal mengerikan yang akan terjadi jika konsumsi air putih biasa diganti dengan minuman bersoda:


Merusak Kesehatan Gigi

Soda mengandung pewarna buatan yang dapat meninggalkan noda buruk pada gigi. Jika sudah mengganti air dengan soda, gigi akan menjadi berlubang dan mudah keropos.

Menurut penjelasan dokter gigi, tingkat keasaman tinggi soda dapat menyebabkan kerusakan pada enamel, yang merupakan pelindung terluar gigi. Tingginya kadar gula dalam soda bercampur dengan asam fosfat dan asam sitrat akan mempercepat kerusakan gigi.


Melemahkan Kekuatan Tulang

Bukan hanya gigi yang terkena dampaknya jika benar-benar mengganti air putih dengan soda, tetapi juga tulang Anda. Ini semua ada hubungannya dengan penyerapan vitamin D yang buruk, kata para ahli.

Hal tersebut karena, vitamin D adalah zat penting yang membantu tubuh dalam menyerap kalsium. Tanpa vitamin D, asupan makanan kaya kalsium dan suplemen kalsium untuk pencegahan osteoporosis praktis tidak akan berguna lagi. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi soda secara teratur dapat mengganggu penyerapan vitamin D, yang pada akhirnya menyebabkan penyerapan kalsium yang buruk.


Mengalami Kegemukan atau Obesitas

Karena soda mengandung gula, tidak mengherankan jika hal itu juga dapat memicu kelebihan berat badan atau obesitas, terlebih jika yang bersangkutan malas bergerak atau olahraga.

Fakta penyelidikan mengungkapkan bahwa pemanis buatan dapat mengacaukan metabolisme, dan bahkan juga mendorong penumpukan lemak terutama di bagian tengah tubuh.


Mengidap Penyakit Diabetes

Jika Anda minum soda alih-alih air putih biasa, Maka risiko lainnya adalah terkena penyakit diabetes. Memasok tubuh dengan banyak gula dari minuman bersoda dapat membuatnya resisten terhadap insulin, sehingga kadar gula yang tinggi akan tetap berada dalam aliran darah.

Penyakit diabetes biasanya juga akan menyebabkan banyak komplikasi masalah kesehatan yang berbeda, terutama jika seseorang tidak mampu menjalani pola hidup sehat. Palng sering adalah menyebabkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Ketika itu sudah terjadi, efeknya juga bisa menyebabkan penyakit jantung. Diabetes juga dapat merusak saraf, ginjal, dan bahkan mata (kebutaan).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here