Beranda Kesehatan 5 Manfaat Luar Biasa Melakukan 2 Menit Plank Setiap Hari

5 Manfaat Luar Biasa Melakukan 2 Menit Plank Setiap Hari

Gerakan plank
Latihan plank yang benar

Meski sederhana, plank adalah salah satu bentuk latihan berat badan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Plank adalah salah satu latihan paling efektif yang dapat rutin Anda lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Bagi orang yang lumayan sibuk, latihan plank bisa menjadi pilihan olahraga harian karena tidak memerlukan banyak waktu dalam melakukannya. Pun demikian, manfaat dan hasil kesehatan yang didapat jangan dianggap remeh.

Olahraga plank dapat dilakukan dengan mudah dan kapan saja tanpa memerlukan peralatan khusus. Cukup dilakukan dalam dua menit saja setiap hari, lima manfaat luar biasa ini akan Anda dapatkan, diantaranya:

Meningkatkan Sistem Metabolisme

Plank adalah cara yang bagus untuk mengaktifkan seluruh bagian tubuh. Melakukannya setiap hari akan membakar lebih banyak kalori, dibandingkan dengan latihan perut tradisional lainnya, seperti sit-up atau gerakan crunch.

Selain itu, rutin melakukan plank minimal 2 menit setiap hari, sebelum atau setelah bekerja tidak hanya akan meningkatkan metabolisme, tetapi juga menjaga kesehatannya sepanjang hari. Bahkan ketika kita sedang tidur

Meningkatkan dan Memperbaiki Mood

Setiap latihan yang kita lakukan berpotensi memberi dorongan suasana hati, plank tak terkecuali.

Plank adalah latihan unik, karena ia bersifat meregangkan dan sekaligus mengendurkan otot-otot di tubuh. Terutama bagi Anda yang sering duduk lama, sangat dianjurkan melakukan plank untuk merilekskan otot-otot yang kaku. Keadaan rileks ini secara tidak langsung akan berpengaruh pada meningkatnya suasana hati yang lebih baik.

Memperbaiki Postur Tubuh

Latihan plank juga memiliki dampak besar pada postur tubuh kita. Postur yang baik menjaga persendian dan tulang tetap berada pada posisi yang benar. Dengan terjaganya kesehatan persendian dan tulang, efektivitas keseluruhan otot tubuh juga akan meningkat.

Postur yang baik akan memastikan tulang belakang atau punggung berada di posisi yang benar. Manfaat lainnya, kita akan lebih sedikit menderita sakit punggung.

Yang terpenting adalah, seseorang dengan postur tubuh yang baik akan terlihat lebih sehat, lebih gagah, dan lebih percaya diri.

Mengurangi Nyeri Punggung

Latihan plank baik untuk menormalkan sakit punggung karena membantu memperkuat sistem inti tubuh, dimana efek sampingnya juga dapat mengurangi nyeri punggung. Selain itu, latihan plank juga membantu memperkuat otot-otot punggung, terutama di punggung di bagian atas, menurut American Council on Exercise (ACE).

“Karena latihan plank membutuhkan gerakan minimal, namun mengontraksi semua lapisan fasia perut. Maka ini termasuk cara yang bagus untuk memperkuat inti tubuh, yang, pada gilirannya juga bisa membantu mengurangi nyeri punggung bawah. ”

Mengencangkan Otot Perut

Editorial baru-baru ini yang diterbitkan di Navy Times, menyebut bahwa sit-up sebagai ‘latihan yang ketinggalan zaman hari ini dan dipandang sebagai penyebab utama cedera punggung bagian bawah’.

Sebaliknya, plank adalah cara terbaik dalam melakukan olahraga. Sebuah penelitian, yang diterbitkan dalam Journal of Strength and Conditioning, melaporkan bahwa plank menyediakan 100% aktivasi otot 6-pack perut, sementara crunch hanya berpengaruh sebanyak 64%.

Melakukan latihan plank secara teratur berarti otot-otot perut dan beberapa area tubuh lainnya akan mengencang serta menjadi lebih kuat. Baca juga: 6 Manfaat Kesehatan Latihan Plank

Cara Melakukan Gerakan Plank

  • Masuk ke posisi pushup di lantai, tubuh lurus tengkurap dengan kedua tangan menyangga.
  • Tekuk siku pada sudut 90 derajat, sambil menyandarkan berat badan pada kedua lengan.
  • Jaga agar tubuh tetap kaku dan lurus, tubuh dalam garis lurus dari jari kaki ke telinga tanpa kendur atau tertekuk sedikitpun.
  • Menatap ke bawah atau melihat lantai, dengan kepala tetap dalam keadaan rileks.
  • Tahan posisi ini selama Anda bisa, atau minimal dua menit.
  • Ingatlah untuk bernapas santai. Tarik napas dan hembuskan, dengan mantap dan perlahan.
  • Ketika sudah merasa sangat berat, berhentilah. Biarkan tubuh terkapar di lantai dengan rileks.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here