Beranda Kesehatan 6 Buah Terbaik yang Bisa Kurangi Kadar Asam Urat Berlebih

6 Buah Terbaik yang Bisa Kurangi Kadar Asam Urat Berlebih

Pisang untuk asam urat
Buah pisang untuk asam urat

Adanya kadar asam urat tinggi atau berlebih dalam aliran darah dapat menyebabkan penyakit Artritis gout (asam urat). Untuk mencegah agar tidak mengalami kondisi ini, penting untuk memperhatikan kebiasaan makan kita sehari-hari. Diet sehat ditambah pengobatan yang tepat dapat membantu menjaga asam urat tetap pada tingkat normalnya.

Berikut adalah beberapa buah-buahan terbaik yang terbukti dapat menjaga kadar asam urat pada tingkat normal atau tidak berlebihan.

1. Apel

Anda dapat dikonsumsi sebagai makanan penyetabil kadar asam urat karena mengandung asam malat, yang membantu menetralkan asam urat dalam aliran darah. Mengonsumsi apel sebagai diet harian baik bagi orang atau pasien yang menderita kondisi asam urat tinggi.

2. Pisang

Ikut sertakan pula pisang dalam diet harian karena juga sangat bermanfaat dalam menurunkan kadar asam urat berlebih.

3. Ceri

Ceri adalah buah kecil yang juga bagus dalam mengurangi kadar asam urat berlebih, serta kolesterol. Ceri juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Disarankan agar mengonsumsi sekitar 10 buah ceri setiap hari guna menurunkan kadar asam urat yang berlebih. Ceri juga harus dikonsumsi sebagaimana adanya; artinya, jangan dibuat selai atau pai tapi cukup dikonsumsi dalam bentuk buah alaminya saja. Cuci bersih terlebih dahulu sebelum dikonsumsi, dan nikmati manfaatnya.

4. Cranberry

Cranberry sudah lama dikenal sebagai salh satu buah yang memiliki manfaat obat untuk menyembuhkan asam urat. Jika Anda menderita penyakit ini, maka cranberry harus dikonsumsi sebagai makanan sehat sehari-hari.

Cranberry mengandung banyak anthocyanin dan vitamin C, yang keduanya sangat efektif dalam mengurangi asam urat secara alami. Boleh juga minum segelas jus buah cranberry setelah makan siang, untuk membantu mempercepat penyembuhan.

5. Lemon dan Jeruk

Vitamin C sangat bagus untuk mengurangi jumlah asam urat berlebih dalam darah, terutama yang terkandung pada buah lemon dan jeruk. Vitamin C melarutkan kristal yang menempel pada persendian, sehingga membantu menyingkirkannya keluar dari tubuh.

Selain itu, vitamin C juga pada jeruk bali dan jeruk nipis juga baik dikonsumsi. Meminum beberapa gelas jus buah yang kaya akan vitamin C dapat membantu mengurangi asam urat secara alami.

Peras setengah irisan jeruk nipis dalam 1 gelas air, lalu diminum setiap hari.

6. Stroberi

Stroberi kaya akan vitamin C, dan juga sangat efektif dalam melarutkan purin dalam darah yang tidak bisa dilakukan oleh ginjal. Stroberi dapat dikonsumsi buahnya langsung atau dibuat jus dengan tambahan sedikit air matang.

Penting agar tidak menambahkan gula atau mengonsumsi stroberi yang sudah terlalu matang. Sehingga sedikit mengurangi kefektifannya dalam menurunkan asam urat dalam.

Selain mengonsumsi buah-buahan di atas, juga harus diimbangi dengan diet rendah lemak, mengurangi konsumsi daging merah dan hal-hal lainnya yang dapat memicu tingginya kadar asam urat dalam darah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here