Beranda Kesehatan 6 Gejala Awal Orang Terkena HIV yang Tak Boleh Dihiraukan

6 Gejala Awal Orang Terkena HIV yang Tak Boleh Dihiraukan

Human immunodeficiency virus ( HIV) adalah virus penyebab dari infeksi HIV, yang pada tahap selanjutnya dapat mengarah ke sindrom imunodefisiensi atau AIDS.

Gejala penyakit HIV AIDS
Gejala penyakit HIV AIDS

HIV menjadi momok penyakit yang menakutkan bagi semua orang. Tetapi hari ini, berkat perkembangan ilmu pengetahuan dan kesadaran masyarakat itu sendiri, meski tergolong kondisi kronis namun HIV masih dapat ditanggulangi. Dengan perawatan yang tepat, infeksi hanya dapat memengaruhi perasaan dan hidup secara minimal.

Perawatan HIV yang dilakukan dengan baik pada kebanyakan orang, memungkinkannya terhindar dari banyak gejala dan penyakit yang berhubungan dengan infeksi HIV.

Namun, masih banyak orang yang berisiko tinggi terhadap masalah kesehatan serius akibat HIV, terutama mereka yang sudah berada pada tahap lanjut terkena penyakit ini. Menurut statistik, satu dari lima orang bahkan tidak tahu mereka mengidap HIV. Inilah sebabnya mengapa penting bagi kita untuk memiliki pengetahuan tentang gejala-gejala yang selama ini mungkin terabaikan:

Pembengkakan Kelenjar

Jika seseorang mengalami pembengkakan kelenjar getah bening, termasuk bagian belakang kepala, pangkal paha, ketiak, dan leher, kemungkinan ia menderita HIV, terutama jika pembengkakan berlangsung selama beberapa bulan.

Berkeringat dan Demam di Malam Hari

Jika seseorang sering mengalami demam dan keringat malam, kemungkinan juga merupakan infeksi HIV. Demam ringan menunjukkan bahwa ada sesuatu yang salah pada tubuh. Kebanyakan orang seringkali abai dengan gejala seperti ini bahkan meskipun disertai dengan kondisi berkeringat malam hari.

Ruam dan Luka

Tahukah Anda, ruam pada kulit merupakan indikasi umum dari gejala penyakit HIV. Orang dengan infeksi ini memiliki kulit yang sangat sensitif, menyebabkan mereka teriritasi dengan mudah bahkan oleh sinar matahari dan iritasi kecil lainnya. Ruam dan luka juga dapat muncul di sekitar mulut, anus, dan alat kelamin. Seringkali, masalah kulit ini sulit diobati, tetapi ada obat-obatan khusus yang dapat membantunya menjadi tidak terlalu parah.

Penurunan Berat Badan Tiba-tiba

Segera lakukan tes HIV segera jika Anda mengalami kehilangan berat badan tanpa alas an atau tidak diketahui awal mula penyebabnya.

Sariawan

Juga dikenal sebagai infeksi ragi oral, sariawan yang dapat terjadi di mulut atau tenggorokan adalah tanda awal infeksi HIV.

Diare Berkepanjangan

Jika seseorang mengalami diare yang berlangsung lebih dari dua minggu, maka ia harus segera memeriksakan diri untuk memastikan penyebabnya. Seringkali, orang yang mengalami gejala HIV juga mengalamimual dan muntah-muntah.

Banyak orang mengabaikan gejala yang disebutkan di atas sebagai tanda-tanda infeksi HIV. Jika Anda tidak tahu mengapa tiba-tiba otot menjadi pegal, kelenjar bengkak, flu, dan gejala lain seperti telah disebutkan, segera periksakan diri ke dokter spesialis untuk memastikannya.

Sumber: stethnews.com/0308/early-hiv-symptoms-youve-been-ignoring/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here