Beranda Kesehatan 6 Gejala Dini Penyakit Kanker yang Tidak Boleh Dihiraukan

6 Gejala Dini Penyakit Kanker yang Tidak Boleh Dihiraukan

Kanker saat ini dianggap sebagai salah satu penyakit paling mematikan dan paling ditakuti oleh semua orang. Kanker telah membunuh hampir sama banyaknya dengan orang-orang yang terkena penyakit jantung. Faktanya, penyakit kanker sebenarnya dapat disembuhkan dengan mudah jika bisa terdeteksi sedari awal.

Gejala awal kanker
Sel kanker

Gejala kanker memang tidak selalu mudah dideteksi, tetapi jika teliti dan peduli dengan memperhatikan gejala-gejala pada tubuh, maka kemungkinan besar akan bisa mengetahui tanda-tanda awal dari penyakit kanker sebelum terlanjur berkembang parah.

Berikut ini enam tanda gejala awal yang bisa mengindikasikan seseorang kemungkinan terkena kanker. Adapun diantaranya adalah:

1. Pendarahan tidak normal

Jika menyadari terjadinya perdarahan tidak normal maka Anda harus segera mengonsultasikannya ke dokter untuk memastikan penyebab gejalan sebenarya. Ketika sel-sel kanker tumbuh, mereka akan cenderung mengganggu pertumbuhan sel-sel lain.

Kondisi ini dapat menyebabkan pendarahan di paru-paru karena jaringan parut, atau bahkan bagian lain dari tubuh. Jika Anda mengalami pendarahan seperti batuk, urin, rektum, maka harus menghubungi dokter untuk memeriksa tanda-tanda kanker lebih lanjut.

2. Penurunan berat badan yang tiba-tiba

Bagi orang bertubuh gemuk dan ingin memiliki tubuh yang ideal itu wajar, namun jika terjadi penurunan berat badan yang tiba-tiba tanpa diketahui penyebabnya, itu bisa menjadi pertanda buruk. Hal ini bisa berarti tubuh tidak menyerap nutrisi seperti yang diperlukan dan mengonsumsi lebih banyak energi daripada yang dibutuhkan, untuk membuat tubuh tetap sehat.

Jika Anda mengalami penurunan berat badan beberapa kilo tanpa melakukan olahraga apa pun atau memiliki aktivitas yang berat, maka Anda harus khawatir. Bahkan meski bukan kanker, itu bisa menjadi pertanda tubuh bahwa ada sesuatu yang salah.

3. Benjolan

Bertentangan dengan kepercayaan populer, kanker payudara tidak hanya terjadi pada wanita. Pria juga bisa terkena kanker payudara. Anda harus curiga terhadap adanya benjolan atau bengkak di bagian mana pun dari tubuh. Jika Anda memiliki benjolan yang tidak dapat dijelaskan sebab musababnya, lakukan pemeriksaan dan cari tahu apa itu.

4. Kelelahan

Jika Anda merasa lelah setelah tidur nyenyak di malam hari dan sulit untuk menjalani hari tanpa merasa lelah, bisa jadi itu merupakan sinyal dari tubuh bahwa ada sesuatu yang tidak beres.

Anda bisa menderita kanker atau penyakit mengerikan lainnya dan dalam hal ini tubuh menggunakan semua energinya untuk menangkis serangan dari virus tersebut.

5. Batuk yang terus-menerus

Batuk tidak terbatas pada perokok saja. Jika Anda menderita batuk yang sepertinya tidak kunjung sembuh, bahkan setelah beberapa minggu, segera periksakan diri ke dokter. Kemungkinan itu bisa disebabkan karena masalah iritasi, tetapi akan lebih baik untuk memeriksakannya langsung ke dokter sebelum terlambat.

6. Gangguan pencernaan, mulas, atau kesulitan menelan

Dianggap wajar jika mengalami sakit maag dan gangguan pencernaan saat setelah mengonsumsi sesuatu yang asam dan pedas. Namun jika bangun setiap hari dengan perasaan mulas dan gangguan pencernaan lainnya, bisa jadi asam lambung sedang mengalami masalah.

Bahkan jika seseorang menderita sakit tenggorokan dalam waktu lama dan kesulitan menelan yang tidak kunjung sembuh-sembuh, itu juga bisa menjadi tanda awal kanker.

Tubuh kita biasanya akan memberi sinyal terlebih dahulu untuk memberitahu ada sesuatu yang salah. Kita hanya perlu mengenalinya secara apa adanya. Bahkan untuk penyakit ringan seperti pilek dan flu, kita merasa lelah, suhu tubuh meningkat, semua itu termasuk sinyal tubuh yang ditujukan kepada kit

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here