Beranda Kesehatan 6 Masalah Kesehatan yang Bisa Disebabkan Kurang Minum Air Putih

6 Masalah Kesehatan yang Bisa Disebabkan Kurang Minum Air Putih

Minum air putih
Minum air putih

Air minum berperan penting dalam kehidupan sehari-hari karena kita membutuhkannya agar tubuh tetap terhidrasi, aktif, dan sehat. Sebaliknya, kurangnya konsumsi air putih juga bisa menyebabkan problem kesehatan tertentu.

Berikut ini adalah beberapa sinyal tubuh yang bisa mengindikasikan bahwa ia sedang kekurangan asupan air putih, dengan catatan Anda tidak memiliki riwayat penyakit tertentu sebelumnya.

Sakit kepala

Jika merasakan sakit kepala muncul di bagian belakang kepala atau di depan, itu mungkin bisa disebabkan karena ketegangan atau Anda tidak minum cukup air. Jika sakit kepala tersebut juga disertai dengan gejala pusing ringan, jelas bahwa tubuh kehilangan cairan dan perlu minum lebih banyak sesegera mungkin. Tanpa cukup cairan di tubuh, otak tidak akan bisa berfungsi lebih baik.

Kulit kering

Tanda lain tubuh membutuhkan jumlah air yang cukup adalah munculnya gejala kulit mudah kering. Karena kulit adalah organ terbesar dalam tubuh kita, ia perlu tetap terhidrasi sebaik mungkin. Untuk memastikan hal itu, Anda perlu minum relative hingga 8 gelas dalam sehari.

Faktanya, kulit kering adalah salah satu tanda paling awal bahwa tubuh mengalami dehidrasi dan jika sudah mengalami dehidrasi, tubuh tidak akan mampu secara optimal mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh. Hal ini efeknya bisa sangat berbahaya bagi kesehatan secara keseluruhan.

Bau mulut dan mulut kering

Jika mulut kering, mungkin tubuh sedang mengalami kekurangan cairan. Karena kurangnya cairan tersebut, mulut tidak akan mampu menghasilkan ludah yang cukup untuk membasahi bagian dalam mulut. Ini berarti bakteri dapat berkembang di dalamnya yang dapat menyebabkan bau mulut ketika berbicara.

Penurunan massa otot

Tanda lain Anda mengalami dehidrasi adalah hilangnya massa otot. Pasalnya, otot kita juga mengandung air yang artinya, tanpa air yang cukup, massa otot juga akan ikut berkurang. Para ahli merekomendasikan agr minum air sebelum, selama, dan juga setelah latihan rutin sehingga tubuh akan tetap terhidrasi, berenergi, dan nyaman juga. Menghidrasi diri sendiri saat berolahraga akan memastikan otot mendapatkan cairan sembari mencegah nyeri otot dan rasa sakit yang mungkin terjadi setelahnya.

Sembelit

Jika menderita diare atau muntah terus-menerus, efek selanjutnya bisa mengakibatkan sembelit karena kurangnya banyak cairan. Dehidrasi juga bisa memicu sembelit yang membuat Anda sulit buang air besar. Meningkatkan asupan cairan dapat membantu melonggarkan tinja sehingga akan lebih mudah untuk melepaskannya dari tubuh.

Penyakit agak lama sembuhnya

Tanda lain yang menunjukkan tubuh kurang cairan atau mengalami dehidrasi adalah Jika Anda mengalami sakit selama lebih dari satu minggu. Dalam hal ini tidak hanya air putih saja yang dibutuhkan, tetapi juga cairan yang diperkaya dengan vitamin dan mineral yang dapat membantu mengatasi masalah penyakit tersebut.

Air adalah bagian penting dari kehidupan kita sehari-hari. Tanpa itu, kita menjadi rentan terhadap berbagai masalah kesehatan. Semua itu dapat dihindari salah satunya adalah dengan minum air putih dalam jumlah yang cukup setiap hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here