Beranda Pengetahuan 6 Tips Menyelamatkan Diri Saat Terjadi Kecelakaan Kapal

6 Tips Menyelamatkan Diri Saat Terjadi Kecelakaan Kapal

Kecelakaan kapal
Kecelakaan kapal

Segala bentuk bencana termasuk kecelakaan kapal tentu satu hal yang tidak diinginkan oleh semua orang. Tapi yang namanya nasib, kita tidak pernah tahu akan terjadi apa di depan nanti entah itu baik ataupun buruk. Sebagai manusia kita hanya bisa selalu berusaha yang terbaik dan bersiap diri atas segala konsekuensi yang mungkin terjadi tanpa disadari.

Ketika berada di atas sebuah kapal dan tiba-tiba mengalami kebocoran lalu tenggelam secara perlahan, kebanyakan orang tidak bisa berpikir tenang melainkan langsung panik. Ini normal-normal saja, tetapi bukan hal yang benar untuk dilakukan.

Jika Anda berada dalam situasi ini, pastikan tahu cara bagaimana bertahan dari kecelakaan kapal tersebut. Berikut adalah beberapa tips tentang cara menyelamatkan diri, jika terjadi kecelakaan kapal atau peristiwa kapal karam:

1. Manfaatkan semua yang tersedia

Anda mungkin tidak memiliki banyak dalam kondisi demikian itu, tetapi pasti ada hal-hal di sekitar yang dapat digunakan atau dimanfaatkan. Ini bisa termasuk pakaian, yang bisa Anda gunakan sebagai obor dan papan sebagai dayung.

2. Tetap tenang

Menjadi panik seketika bukanlah ide yang baik karena justru akan membuat Anda berhenti berpikir jernih. Selain itu, panik juga dapat menguras energi yang tersisa, jadi tetap jaga sikap tenang saat berada di laut. Berdoalah sebelum berangkat untuk menumbuhkan keyakinan dalam diri.

3. Cari luka dan segera dirawat

Jika Anda memiliki luka atau gresan terbuka, pastikan untuk segera mengobatinya. Jika tidak ada kotak P3K yang tergeletak di sekitar, Anda cukup menggunakan kain untuk membungkusnya dengan erat. Jika luka tersebut berdarah, berikan sedikit tekanan untuk mempercepat penyembuhan.

4. Ketahui akan risiko hipotermia

Ini adalah masalah serius dan penting bagi siapapun untuk mengetahuinya. Semakin lama seseorang berada di dalam air, semakin cepat risiko hipotermia yang akan dialami. Airnya juga bisa menjadi lebih dingin, jadi begitu berhasil naik, segera bungkus diri dengan selimut atau apa pun yang dapat membantu merasa lebih hangat.

5. Jika ada orang lain, bantu mereka

Beberapa orang mengalami syok, merupakan gejala normal pula. Jika hal ini terjadi pada orang yang ada di sekitar Anda, bantu mereka dengan melonggarkan pakaiannya jika ketat. Bantu mereka berbaring dengan kaki lebih tinggi dari kepala. Cobalah berbicara dengan dengan suara yang menenangkan dan berikan pula kata-kata penghiburan.

6. Gunakan puing-puing yang ada

Terkadang, bangkai kapal tidak langsung tenggelam dalam air selama beberapa waktu. Jika tidak ada sekoci di sekitar, Anda dapat menggunakan puing-puing sebagai pelampung darurat. Temukan sesuatu yang bisa Anda pegang, seperti rakit atau potongan kayu, agar bisa tetap bertahan di atas air.

Selain dari yang disebutkan di atas, sebisa mungkin jangan sampai minum air laut. Juga disarankan untuk mengangkat kaki setiap jam setidaknya selama lima menit. Pastikan tidak melakukan upaya apa pun kecuali memang diperlukan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here