Beranda Pengetahuan 6 Waktu Terbaik Minum Air Kelapa untuk Menuai Lebih Manfaatnya

6 Waktu Terbaik Minum Air Kelapa untuk Menuai Lebih Manfaatnya

Kelapa segar
Buah kelapa segar

Air kelapa sudah umum dikenal sebagai salah satu minuman alami terbaik. Rendah kalori, serta mengandung mineral dan enzim alami, seperti kalium yang membuatnya menjadi minuman super buat kesehatan tubuh.

Air kelapa dapat dikonsumsi kapan saja, baik dalam kondisi haus, lelah, atau bahkan saat sakit. Tetapi, meminumnya pada waktu tertentu yang tepat justru malah dapat menggandakan manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan.

Di bawah ini adalah enam waktu yang tepat mengonsumsi air kelapa untuk menuai manfaat kesehatannya berkali lipat:

Pagi Hari saat Perut Kosong

Ada berbagai manfaat minum air kelapa di pagi hari, terutama saat perut masih kosong. Asam laurat yang ada dalam air kelapa dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh secara alami, mendetoksifikasi tubuh dan meningkatkan metabolisme.

Juga, konsumsi air kelapa secara teratur membantu menjaga keseimbangan elektrolit, sehingga meningkatkan fungsi usus dan mengatur tekanan darah. Asupan air kelapa di pagi hari, juga bisa membantu penurunan berat badan karena kandungan lemaknya yang lebih sedikit di dalamnya.

Sebelum atau Setelah Latihan

Air kelapa adalah minuman olahraga alami yang membantu meningkatkan energi dan melembabkan tubuh sebelum berolahraga.

Setelah berolahraga, air kelapa membantu mengisi elektrolit yang hilang selama sesi intens yang telah dilakukan. Selain itu, minum air kelapa juga dapat membantu dalam mengatasi rasa haus, kelelahan, dan merupakan salah satu minuman penambah energi terbaik.

Sebelum dan Sesudah Makan

Air kelapa adalah minuman yang menyegarkan, dan bertindak sebagai penambah kesehatan jika mengkonsumsi sebelum dan sesudah makan. Minum air kelapa sebelum makan dapat membuat tubuh merasa lebih kenyang dan mencegah makan berlebih yang bisa memicu penambahan berat badan.

Sementara meminumnya setelah makan dapat membantu pencernaan yang cepat dan mencegah masalah umum, seperti mual, kembung, kehilangan nafsu makan dan mengurangi peradangan.

Tanin yang ada dalam air kelapa juga memiliki sifat anti-bakteri yang bisa mencegah infeksi.

Sebelum Tidur

Aroma kelapa yang khas dan unik diketahui memiliki efek psikologis yang membantu mengurangi kecemasan dan memperlambat detak jantung sehingga dapat membantu mengantar tidur lebih cepat.

Minumlah air kelapa sebelum tidur, untuk menenangkan pikiran dan melawan stres. Minum air kelapa sebelum tidur juga dapat membantu membersihkan saluran kemih dan membuang semua racun, sehingga mencegah infeksi serta masalah ginjal.

Obat Anti Mabuk Alami

Tahukah Anda bahwa minum segelas air kelapa adalah salah satu solusi alami terbaik untuk menghilangkan efek mabuk.

Alkohol justru memicu dehidrasi yang dapat menyebabkan sakit kepala dan perasaan mual, keesokan paginya. Air kelapa membantu dalam memerangi keduanya, dan juga mengembalikan elektrolit yang hilang, sehingga membuat tubuh terasa lebih nyaman.

Selama Kehamilan

Aman untuk minum air kelapa selama kehamilan dalam jumlah sedang, karena mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Air kelapa menahan dehidrasi yang disebabkan oleh mual di pagi hari selama trimester pertama kehamilan.

Selain itu juga bisa membantu mengatasi rasa mulas dan sembelit selama kehamilan. Lantaran kandungan air kelapa yang kaya akan nutrisi seperti vitamin c, mangan, serat makanan dan kalsium.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here