Beranda Kesehatan 7 Gejala Awal Serangan Kandung Empedu, Jangan Dibiarkan

7 Gejala Awal Serangan Kandung Empedu, Jangan Dibiarkan

Serangan kandung empedu
Sakit perut parah juga bisa jadi tanda serangan kandung empedu

Banyak orang saat ini sibuk dengan dirinya sendiri, tanpa sadar telah lalai memerhatikan kondisi kesehatannya. Baru ada kepedulian setelah sakit tersebut terlanjur parah dan butuh perawatan ekstra. Apakah ANda pernah merasakan sakit yang tajam di bagian perut seperti terlilit oleh tali yang berlapis-lapis?. Bisa jadi sakit perut yang Anda rasakan itu bukanlah sakit perut biasa, tetapi sudah merupakan tanda serangan kandung empedu.

Serangan kandung empedu dipicu ketika ada batu empedu yang menghalangi produksi empedu. Rasa sakit yang Anda rasakan mungkin karena kontraksi kandung empedu yang merupakan respons ketika mengonsumsi makanan yang sarat dengan lemak. Baru ketika kandung empedu rileks dan longgar kembali, rasa sakitnya akan hilang.

Bagaimana Akita tahu jika rasa sakit yang dirasakan sudah merupakan serangan kandung empedu? Berikut adalah beberapa tanda atau gejala yang sebaiknya tidak boleh dibiarkan. Namun harus dilakukan penanganan dokter segera.

Nyeri di perut

Nyeri perut adalah gejala khas serangan kandung empedu terutama ketika rasa sakitnya muncul di sisi kanan atas perut. Lebih jelas lagi jika rasa sakitnya menjalar di punggung dan bahu kanan yang bisa bertahan hingga tiga puluh menit atau lebih setelah makan sebelum akhirnya hilang dengan sendirinya.

Mual, mulas, muntah

Saat Anda mengalami muntah, mual, atau mirip dengan mulas, ada kemungkinan mengalami serangan kandung empedu. Meskipun muntah dan mual bukanlah gejala khas serangan kandung empedu, ketika disertai dengan gejala lain yang tercantum di artikel ini, makalangkah terbaiuk adalah segera memeriksakan diri ke dokter.

Nyeri di antara tulang belikat

Rasa sakit yang tiba-tiba di antara tulang belikat juga bisa menjadi tanda peringatan bahwa Anda memiliki batu empedu yang menghalangi jalannya empedu. Anda harus memantau gejala-gejala lain untuk memastikan apakah benar yang dialami merupakan serangan kantung empedu.

Penyakit kuning

Gejala lain yang dapat dikaitkan dengan serangan kandung empedu adalah menguningnya mata atau kulit. Pigmentasi kekuningan ini sering dikaitkan dengan batu yang jatuh dari kantong empedu dan menempel pada saluran pankreas atau dalam empedu. Penyakit kuning juga dapat muncul dalam masalah kesehatan lainnya seperti masalah hati atau anemia.

Rasa sakit yang datang dan pergi

Jika rasa sakit yang Anda rasakan cenderung muncul dan hilang, mungkin kandung empedu sedang bermasalah. Hal ini disebabkan oleh batu-batu yang keluar-masuk dari kantong empedu yang dapat menyebabkan rasa sakit tersebut. Beberapa orang ada yang salah paham dengan beranggapan bahwa sakit yang dialaminya adalah nyeri pankreatitis. Perbedaan antara keduanya adalah rasa sakit yang berasal dari pankreas cenderung lebih konstan dan akan berlangsung berjam-jam sementara serangan kantong empedu tidak.

Nyeri yang menyebar

Seseorang mungkin menderita serangan kandung empedu ketika rasa sakit di perut mulai menjalar ke bahu kanannya. Namun hal ini juga bisa berrti gejala penyakit lain. Tetapi jika disertai gejala lain seperti yang disebutkan di sini, maka sudah jelas bahwa kandung empedu seang bermasalah.

Urin berwarna lebih gelap

Tanda lain bahwa seseorang mengalami serangan kandung empedu adalah ketika warna urine menjadi lebih gelap namun tinja yang keluar tampak lebih terang. Jika tinja sulit keluar, kemungkinan ada penyumbatan di pankreas atau saluran empedu yang menyebabkan penyerapan lemak lebih sedikit.

Di atas hanya beberapa tanda dan gejala yang mungkin sudah Anda derita akibat serangan kandung empedu dan perlu segera diatasi. Jika Anda mengalami beberapa gejala yang tercantum di sini, pastikan agar segera memeriksakan diri guna menyingkirkan batu empedu penyebab sakit. Pengobatan pada gejala awal akan lebih mudah daripada sudah terlanjur parah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here