Beranda Kesehatan 7 Manfaat Cokelat bagi Kesehatan Secara Ilmiah

7 Manfaat Cokelat bagi Kesehatan Secara Ilmiah

Manfaat Cokelat
Cokelat

Cokelat kini sudah menjadi makanan favorit baik anak-anak maupun orang dewasa. Rasa manis yang khas membuat semua orang ketagihan ingin terus menikmatinya.

Sekarang banyak makanan olahan yang berasal dan dikombinasikan dengan rasa cokelat seperti permen coklat, kue cokelat, pisang cokelat, cokelat bubuk, susu cokelat, dan sebagainya. Pada hari kasih sayang, orang-orang muda sering membuat cokelat sebagai hadiah atau kado untuk pacarnya.

Selain rasanya yang manis dan lezat, coklat memiliki banyak khasiat yang bermanfaat bagi kesehatan. Berikut adalah tujuh manfaat cokelat untuk kesehatan ditinjau dari sudut ilmiah, antara lain:

1. Cokelat Mengandung Fenol Antioksidan

Cokelat mengandung fenol antioksidan yang dapat membuat panjang umur. Selain itu, cokelat juga mampu menghambat oksidasi kolesterol jahat dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

2. Meningkatkan Perasaan (Mood)

Cokelat dapat meningkatkan perasaan seseorang yang malas, bosan menjadi perasaan yang menyenangkan. Hal ini karena coklat mengandung phenyl ethylamine yang dapat membawa rasa kegembiraan seperti orang yang tengah jatuh cinta.

Cassanova, seorang pria yang pandai menaklukkan hati wanita selalu makan cokelat sebelum melakukan tindakannya. Dia mengatakan, dengan mengonsumsi coklat dia bisa mengirimkan perasaan senang kepada perempuan incarannya dan langsung membuat dia jatuh cinta padanya.

3. Cokelat Tidak Menyebabkan Jerawat

Tidak ada bukti kuat bahwa cokelat dapat menyebabkan jerawat, plak pada gigi dan obesitas. Pokoknya, asal dikonsumsi alami, cokelat tentu memberikan efek baik untuk tubuh kita. Cokelat bisa menjadi hadiah favorit bagi pasangan. Coklat bahkan dianggap sebagai salah satu makanan kelas atas. Oleh karena itu ia memiliki nama latin Theobroma cacao yang berarti makanan para Dewa.

4. Cokelat Membantu Mengatasi Diare

Penelitian di Rumah Sakit Anak dan Research Center Oakland & Heinrich Heine University di Jerman menemukan kandungan kimia dalam coklat yang bernama flavonoid, suplemen alami yang berguna untuk mengatasi diare.

5. Cokelat Meningkatkan Daya Otak

Penelitian di University of Northumbria, Newcastle United menemukan kesimpulan bahwa coklat sangat baik untuk meningkatkan daya pemikiran atau kognitif otak.

6. Cokelat Sebagai Penangkal Radikal Bebas

Cokelat mengandung zat yang mampu melakukan pekerjaan procyanidin sebagai penangkap radikal bebas yang efektif.

7. Cokelat Pengganti Kopi

Cokelat mengandung Theo bromin dan kafein yang dapat membuat kita tetap terjaga dalam jangka panjang. Jadi, jika kantuk menyerang namun masih banyak tugas sekolah atau pekerjaan yang harus diselesaikan, selain minum kopi, makan cokelat juga dapat membuat mata kita melek kembali.

Pun demikian, apapun yang dikonsumsi secara berlebihan efeknya juga tidak baik untuk tubuh meski sebenarnya bagus untuk kesehatan. Manisnya coklat akan membuat kita ketagihan untuk terus menikmatinya. Selain itu, makan terlalu banyak cokelat juga akan menghasilkan lapisan kotoran pada gigi. Lapisan ini lambat laun akan merusak enamel gigi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here