Beranda Kesehatan 7 Manfaat Luar Biasa Jalan Kaki 30 Menit Setiap Hari

7 Manfaat Luar Biasa Jalan Kaki 30 Menit Setiap Hari

Olahraga jalan kaki
Olahraga jalan kaki

Berjalan adalah cara termudah untuk tetap sehat dan bahkan memperpanjang usia kita. Meski tergolong olahraga intensitas sedang, jalan kaki setiap hari selama setidaknya 30 menit akan membantu mengurangi kenaikan berat badan dan menghambat berbagai penyakit termasuk hipertensi, diabetes, masalah jantung, dan banyak lagi lainnya.

Untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar, tidak perlu melakukan olahraga yang berat-berat, cukup rutin jalan kaki setiap hari manfaatnya sangat bagus bagi kesehatan tubuh. Inilah beberapa manfaatnya, antara lain:

Manfaat Rutin Jalan Kaki Setiap Hari

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Berjalan kaki setiap hari dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Studi terbaru melaporkan bahwa berolahraga secara teratur dapat membantu mengurangi jumlah flue yang kita alami setiap tahun.

Dokter melaporkan bahwa olahraga teratur dapat membantu mendukung sistem kekebalan tubuh dengan memperkuat sel-sel yang menyerang bakteri jahat masuk dalam tubuh. Untuk mendapatkan manfaat ini, olahraga jalan kaki perlu dilakukan setiap hari.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Berjalan kaki juga membantu meningkatkan kesehatan jantung. Ilmuwan Irlandia melaporkan bahwa berjalan adalah bentuk latihan terbaik untuk mereka yang tidak bisa banyak bergerak, terutama orang dewasa, guna mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan jantung.

Di samping itu, penelitian lain yang diterbitkan dalam Journal of American Geriatrics Society, mengkonfirmasi bahwa baik pria maupun wanita berusia 65 tahun atau lebih, yang berjalan setidaknya 4 jam per minggu, berisiko lebih kecil terkena penyakit kardiovaskular.

Karena itu, pastikan untuk berjalan setidaknya 4 jam per minggu untuk mencegah penyakit kardiovaskular, penyakit jantung, dan stroke.

Mencegah Demensia

Seiring bertambahnya usia, otak akan mengalami pengurangan materi abu-abu, yang mengarah pada kondisi kognitif seperti demensia. Penyakit ini secara tidak langsung juga dapat mengurangi kualitas hidup tidak hanya untuk pasien, tetapi juga pada orang yang ada di sekitarnya

Karena itu, sebelum situasinya memburuk, agar disarankan segera melakukan rutin jalan kaki. Aktivitas fisik yang meningkat dapat memperbaiki gangguan kognitif, meningkatkan materi abu-abu, dan bahkan meningkatkan fungsi kognitif (Abbott, Robert D., Lon R. White, G. Webster Ross, Kamal H. Masaki, J. David Curb, dan Helen Petrovitch. “Walking and dementia in physically capable elderly men. “Jama 292, no. 12 (2004): 1447-1453).

Menjaga Tekanan Darah Normal

Berjalan juga dapat membantu menurunkan tekanan darah. Para peneliti dari Wakayama Medical College Jepang, melakukan percobaan pada orang yang menderita hipertensi ringan, di mana 83 peserta berjalan 10.000 langkah setiap hari selama 12 minggu.

Pada akhir 12 minggu, para partisipan menunjukkan penurunan tekanan darah yang signifikan dan juga meningkatnya stamina tubuh. Bahkan tidak mampu melakukan 10.000 setiap hari, seseorang harus berjalan selama setidaknya 60 menit setiap hari untuk menjaga tingkat tekanan darah tetap terkendali.

Mengurangi Stres

Stres mental adalah masalah bagi kebanyakan orang akhir-akhir ini. Ada begitu banyak hal yang bisa membebani pikiran seseorang. Studi menunjukkan bahwa jalan cepat 20-30 menit setiap hari dapat membantu mengurangi stres mental. Dikatakan memiliki efek yang sama dengan obat penenang ringan.

Memperkuat Kesehatan Tulang

Osteoblas adalah sel-sel di tulang yang berperan dalam membangun pertumbuhan tulang baru. Faktanya, sel ini merespons dengan baik terhadap tekanan tambahan. Artinya, tulang kita akan menjadi lebih kuat karena adanya tekanan tambahan.

Penurunan Berat Badan

Salah satu manfaat paling nyata dari berjalan kaki setiap hari adalah, akan dapat secara bertahap mengurangi kelebihan berat badan, yang selama ini Anda bawa.

Berjalan dengan ritme yang bagus selama sekitar 30-45 menit setiap hari, dapat menurunkan berat badan dalam tempo yang relatif cepat. Intinya, jangan sampai putus di tengah jalan, harus dilakukan sebagai ritual kesehatan sehari-hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here