Beranda Kesehatan 7 Manfaat Luar Biasa Minum Air Ketimun Secara Rutin

7 Manfaat Luar Biasa Minum Air Ketimun Secara Rutin

Manfaat air mentimun
Air ketimun segar

Air sangat penting untuk kebutuhan hidrasi harian kita, kurangnya asupan air yang cukup dapat menyebabkan masalah kesehatan tertentu. Selain air putih biasa, asupan cairan dalam tubuh juga bisa diperoleh dari mengonsumsi jus atau buah-buahan yang mengandung banyak air.

Tidak mleulu jus buah, kita juga bisa berkreasi membuat minuman lain semacam jus tapi kali ini kita menggunakan sayur ketimun sebagai bahan utamanya. Caranya, mentimun diiris tipis-tipis lalu kemudian dimasukkan dalam minuman air putih biasa. Apa efeknya bagi kesehatan tubuh? Berikut adalah beberapa manfaat yang didapat jika kita rutin minum air mentimun setiap hari:

Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi yang konstan dapat berbahaya dalam jangka panjang, karena jelas dampaknya akan menjuru ke hipertensi. Ini biasanya terjadi karena jumlah konsumsi garam yang berlebihan, efeknya dapat menyebabkan lebih banyak cairan tertahan dalam tubuh, sehingga memicu tekanan darah tinggi. Air mentimun, di sisi lain, membantu mempertahankan natrium dalam tubuh pada tingkat sehat yang dapat membantu menormalkan tekanan darah tinggi.

Membantu menjaga berat badan yang sehat

Jika Anda punya kebiasaan lama suka ngemil dan ingin menjaga berat badan pada tingkat yang sehat, maka harus minum air mentimun. Selain mengisi perut dengan air yang kaya nutrisi, Anda juga akan menggigit irisan mentimun yang tersisa setelah airnya diminum.

Bilas racun dari dalam tubuh

Alasan lain mengapa harus minum air mentimun adalah karena manfaatnya dalam membantu membuang racun yang ada dalam tubuh. Ini disebabkan oleh beta-karoten serta vitamin C yang ada dalam sayuran ini yang keduanya dikenal sebagai antioksidan yang dapat membersihkan unsur-unsur beracun dalam sistem pencernaan kita.

Bagus untuk hidrasi

Musim panas dapat membahayakan kesehatan kita juga, terutama saat berisiko mengalami dehidrasi, yang dapat membuat penderitanya merasa lamban atau cenderung makan berlebihan. Meskipun air minum juga sudah bisa menjaga tubuh terhidrasi dengan baik, memberi tambahan iriasan mentimun akan meningkatkan khasiatnya berkali lipat. Efeknya akan membuat kita merasa lebih bersemangat dalam waktu singkat.

Lebih banyak vitamin dan mineral

Banyak orang tidak menyadari jika mentimun juga memiliki kandungan vitamin dan mineral, termasuk vitamin A, C, B-6, kalsium dan juga magnesium. Jadi sangat bagus efeknya jika kita menambahkan irisan mentimum dalam air minuman kita sehari-hari.

Meningkatkan kesehatan tulang

Tubuh membutuhkan protein agar tulang tetap terjaga kesehatannya. Vitamin K, yang ditemukan dalam mentimun, dapat membantu produksi protein dalam tubuh kita. Minum air mentimun setiap hari dapat membantu menjaga kesehatan tulang secara keseluruhan. Seiring bertambahnya usia, sangat disarankan agar rutin minum air mentimun setiap hari.

Mencegah bau mulut

Alasan lain mengapa harus minum air mentimun adalah karena juga bisa mencegah timbulnya bau mulut yang tidak sedap. Bakteri dapat dengan mudah berkembang di mulut kita karena makanan yang kita makan, dan juga kebersihan mulut yang buruk. Minum irisan air mentimun dapat mencegah hal tersebut dan tentu saja membuat kita lebih percaya diri ketika berbicara tatap muka dengan orang lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here