Beranda Sains 7 Perilaku Sederhana yang Bisa Membuat Bahagia Menurut Sains

7 Perilaku Sederhana yang Bisa Membuat Bahagia Menurut Sains

Senyum kebahagiaan
Senyum kebahagiaan

Anda mungkin pernah mendengar atau membaca banyak tips tentang mencapai suatu kebahagiaan. Penelitian ilmiah telah membuktikan ada hal-hal sederhana yang sesungguhnya dapat membantu seseorang menciptakan kehidupan yang positif setiap hari. Berikut adalah hal-hal yang dapat Anda lakukan guna mendapatkan pengalaman yang menyenangkan baik di rumah atau di manapun berada:

Memilik Hewan Piaraan

Menurut penelitian, memiliki hewan piaraandi rumah ternyata juga bisa membuat orang lebih bahagia. Hewan piaraan tersebut bisa saja berupa kucing, anjing, ikan, atau hewan lainnya. Memiliki hewan peliharaan dapat menurunkan tekanan darah, sekaligus mengurangi tingkat stres pemilikya.

Bersyukur dan Berterima-kasih

Biasakan agar selalu mengucapkan terima kasih dan bersyukur dalam melakukan segala tindakan positif yang dilakukan. Termasuk membantu orang lain yang kesusahan ternyata juga bisa membuat seseorang lebih bahagia. Menuliskan hal-hal yang disyukuri setiap hari juga dapat meningkatkan suasana hati lebih baik.

Bermeditasi atau Mendengarkan Musik yang Menenangkan

Menurut para ilmuwan dari Rumah Sakit Umum Massachusetts, meditasi dapat membantu menjernihkan dan menenangkan pikiran 16 pasien selama delapan minggu. Mulailah bermeditasi dan dengarkan musik yang menyenangkan untuk meningkatkan level kebahagiaan.

Merencanakan Liburan

Bahkan seseorang tidak perlu melakukan perjalanan sungguhan untuk merasa bahagia. Hanya dengan merencanakan perjalanan saja, dampaknya dapat membuat hati lebih tenang dan efeknya dapat membuat kita merasa jauh lebih baik. Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa puncak kebahagiaan sebenarnya terjadi selama tahap perencanaan dan bukan selama perjalanan yang sebenarnya.

Tersenyum

Setiap kali tersenyum, kita akan menghasilkan pikiran positif di otak . hal ini efeknya dapat meningkatkan kebahagiaan yang kita rasakan. Berlatihlah tersenyum walaupun sedang tidak benar-benar bahagia. Karena manfaatnya dapat membantu menurunkan ketidaknyamanan setiap kali berada dalam situasi yang penuh tekanan.

Bersosial

Sama seperti berpura-pura tersenyum, bergaulah dengan orang-orang bahkan meski sebenarnya tidak terlalu suka. Selain manfaat tetap berhubungan dengan teman dan keluarga terdekat. Berinteraksi dengan orang-orang sekitar juga dapat membuat seseorang merasa bahagia.

Olahraga untuk Melawan Depresi

Ada banyak penelitian yang membuktikan betapa bermanfaatnya olahraga. Latihan yang terbilang cukup sederhana namun rutin dilakukan setiap hari sudah dapat meningkatkan level kebahagiaan seseorang. Minimal tujuh menit saja berolahraga sudah dapat melawan depresi, jadi mulailah bergerak untuk menjadi lebih sehat dan bahagia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here