Beranda Kesehatan 80% Serangan Jantung Bisa Dihindari dengan 5 Hal Sederhana Ini

80% Serangan Jantung Bisa Dihindari dengan 5 Hal Sederhana Ini

Kesehatan jantung
Sayangi kesehatan jatung Anda

Serangan jantung adalah penyakit mematikan yang bisa terjadi secara mendadak. Penyakit ini digolongkan sebagai pembunuh nomor satu di dunia oleh WHO. Bahkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan bahwa setidaknya 17,5 juta orang meninggal karena penyakit kardiovaskular pada 2012. Tiga dari empat kematian terjadi di negara-negara berpenghasilan rendah serta mereka yang berpenghasilan menengah.

Tetapi kabar baiknya, sekitar 80% serangan jantung dan bahkan stroke sebenarnya dapat dicegah. Berikut adalah lima hal (gaya hidup) yang bisa diterapkan agar jantung tetap sehat dan jauh dari risiko terkena serangan jantung:

1. Makan makanan yang menyehatkan jantung

Berlawanan dengan kepercayaan umum, sebenarnya kita tidak harus menghindari sepenuhnya lemak jenuh, yang bisa ditemukan dalam mentega dan telur. Sebaliknya, jauhi makanan yang mengandung:

  • Karbohidrat olahan, seperti roti (biasa) dan bagel
  • Makanan yang diproses
  • Gula

Makanlah makanan tepat yang baik untuk jantung seperti kacang-kacangan, biji-bijian utuh, bawang putih, apel, anggur, teh hijau, buah beri, dan lain-lain.

2. Aktif secara fisik

Tidak harus rutin ke gym untuk memiliki jantung yang sehat. Cukup dengan berjalan atau bersepeda setidaknya 40 menit setiap hari dan berolahraga setidaknya satu jam per minggu dapat menjamin jantung Anda tetap sehat. Anda bisa memulainya dari yang kecil, seperti naik turun tangga dan bahkan memarkir mobil di posisi terjauh dari tempat parkir biasanya, sehingga ada jarak cukup untuk berjalan ekstra.

3. Memiliki lingkar pinggang yang sehat

Seseorang harus memiliki 95 cm maksimum, setara dengan 37,4 inci lingkar pinggang agar tetap sehat. Kelebihan berat badan dan obesitas adalah faktor risiko terbesar serangan jantung dan penyakit terkait kardiovaskular.

4. Mengontrol tekanan darah tetap normal

Tekanan darah adalah kekuatan aliran darah yang mendorong dinding pembuluh darah. Terkadang tekanan dalam arteri lebih tinggi dari yang seharusnya, suatu kondisi yang dikenal sebagai tekanan darah tinggi. Stres dan pola makan yang buruk keduanya dikaitkan dengan tekanan darah tinggi, jadi penting untuk menjaga pola hidup sehat jika ingin jantung juga sehat.

5. Jangan merokok

Hentikan kebiasaan merokok sekarang juga, terutama rokok tembakau, dimana sangat berbahaya bagi kesehatan. Jauhi tembakau dan mereka yang merokok karena ini dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan bahkan stroke. Penelitian menunjukkan bahwa berhenti merokok selama setengah tahun dapat segera menurunkan risiko seseorang terkena serangan jantung dan meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Selain lima perubahan gaya hidup yang disebutkan di atas, pastikan juga memenuhi asupan vitamin D yang cukup dan hindari semua jenis gula terutama atau setidaknya batasi jumlah pengonsumsiannya agar tidak berlebihan, misalnya beberapa kali seminggu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here