Beranda Pengetahuan Alasan Kenapa Ada Orang Lebih Cepat Tua dan Ada yang Awet Muda

Alasan Kenapa Ada Orang Lebih Cepat Tua dan Ada yang Awet Muda

Proses penuaan
Ilustrasi proses penuaan

Para peneliti baru-baru ini berhasil mengungkapkan faktor-faktor yang bisa menentukan tingkat seberapa cepat penuaan seseorang. Selain itu, juga faktor-faktor lain yang menyebabkan kenapa ada sebagian orang bisa menua lebih lambat dibandingkan yang lain.

Biasanya kita memiliki satu, dua, atau beberapa teman dilahirkan pada tahun yang sama dengan kita, tetapi ada yang tampak awet muda dan ada yang bahkan mendadak nampak sudah sangat tua. Para peneliti percaya bahwa persepsi ini bukan hanya soal penampilan fisik, tetapi dapat berakar pada sesuatu yang lebih dalam. Faktor-faktor yang berpengaruh pada tingkat kesehatan dan kesejahteraan hidup secara umum.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Prosiding National Academy Sciences, Daniel Belsky, asisten profesor Kedokteran di Duke University School Medicine, divisi geriatrics, menyebutkan panel (penanda) 18 faktor yang diuji pada responden usia 20 hingga 30 tahun yang mengungkapkan seberapa cepat mereka menua.

Dalam penelitian tersebut, total 954 orang yang lahir pada tahun 1972 dan 1973 di Dunedin, Selandia Baru, setuju untuk menjadi peserta dalam penelitian ini. Para peneliti memantau mereka mulai dari usia 26 hingga 38 tahun. Setiap peserta dalam penelitian setuju untuk diuji di berbagai 18 faktor yang berbeda, semuanya diidentifikasi terkait dengan penuaan.

Faktor-faktor ini termasuk tekanan darah, kadar kolesterol, indeks massa tubuh, fungsi paru-paru, peradangan, dan integritas DNA. Berdasarkan skor peserta pada langkah-langkah ini, peneliti kemudian menentukan hasil perhitungan usia biologis semua sukarelawan. Mereka melakukan tes yang sama lagi ketika peserta berusia 32 dan 38 tahun. Peneliti kemudian menggabungkan hasilnya untuk menghitung kecepatan bagaimana setiap peserta menua.

Hasil Penelitian

Beberapa orang secara biologis lebih tua sehingga mereka menua lebih cepat daripada yang lain meskipun pada kenyataannya mereka sama secara usia. Bukan hanya itu, para peneliti juga menemukan bahwa dengan memberikan tes keseimbangan dan keterampilan kognitif yang sama pada peserta usia 20 dan 30, perubahan penuaan ini pada dasarnya sama dengan yang terjadi di kemudian hari.

Meskipun beberapa peserta secara biologis lebih tua dari yang sebenarnya, kabar baiknya ada juga beberapa yang tampak lebih muda dari usia kronologisnya. Dengan kata lain, penuaan terjadi lebih lambat dari yang seharusnya.

Membandingkan kelompok penuaan yang lebih lambat dan lebih cepat juga mengungkapkan beberapa petunjuk tentang bagaimana menjaga proses penuaan tetap terkendali. Di antara faktor-faktor yang memengaruhi penuaan, sebagian besar atau sebanyak 80% tidak bersifat genetik, dan karenanya berada dalam kendali kita sendiri.

Mengidentifikasi cara mengukur tingkat usia orang secara tidak langsung juga berguna untuk mengetahui apakah pengobatan anti-penuaan bekerja atau tidak. Beberapa rahasia yang membuat seseorang bisa lebih awet muda termasuk diantaranya mencakup diet sehat rendah lemak dan garam, menjaga berat badan sehat, pengurangan stres, sistem kekebalan yang kuat, dan kebiasaan berolahraga yang teratur. Tidak merokok atau berhenti merokok juga merupakan faktor yang bisa memperlambat penuaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here