Beranda Pengetahuan Apa yang Dimaksud Mantra dan Manfaatnya bagi Kehidupan?

Apa yang Dimaksud Mantra dan Manfaatnya bagi Kehidupan?

Mantra
Teks mantra

Mantra adalah suara, kata, atau frasa yang diulang secara mental atau keras sebagai bagian dari latihan spiritual atau lainnya. Diyakini bahwa penggunaan mantra dapat memiliki efek yang kuat atau bahkan mengubah hidup. Dalam agama Hindu, mantra dianggap suci. Kata mantra berasal dari mantra Sansekerta, yang berarti “nasihat,” “doa,” atau “nyanyian pujian.”

Sejarah Asal Usul Mantra

Mantra adalah komponen utama dari Veda, Kitab Suci India kuno yang disusun dalam bahasa Sansekerta. Berawal sekitar 1500 SM, Veda adalah teks-teks Hindu tertua dan di antara teks-teks suci tertua di dunia. Dalam agama Hindu, mantra mengiringi tindakan ritual. Dalam agama Buddha, mantra dinyanyikan dalam meditasi dan untuk mencapai pencerahan. Mantra yang paling sederhana dan paling terkenal adalah “Om,” yang dikenal sebagai “mantra pranava,” atau mantra tertinggi. (Dalam bahasa Sanskerta, prana berarti “kekuatan hidup”.) Banyak kelas yoga membuka dan menutup dengan nyanyian mantra ini.

Manfaat dan Kegunaan Mantra

Mantra dapat melayani berbagai tujuan dalam latihan spiritual seseorang. Memulai sesi meditasi atau yoga dengan melantunkan mantra dapat membantu menyatakan niat Anda untuk sesi tersebut dan menjaga pikiran tetap fokus. Mantra juga berguna sebagai motivasi selama saat-saat latihan di mana muncul perasaan mandek atau tidak bersemangat.

Bahkan sesuatu yang sederhana seperti “Saya bisa melakukan ini atau itu” dapat membantu seseorang melewati masa-masa sulit dalam latihan spiritual atau dalam kehidupan sehari-hari. Mantra juga bisa menjadi semacam doa – kepada dewa, alam, semesta, atau diri sendiri. Kita dapat menggunakan mantra Hindu, Budha, atau mantra lain yang sudah ada, juga bisa membuat mantra sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here