Bagaimana Cara Kerja Crypto Fear and Greed Index? Ada 5 Komponen!

Posted by

Sebagai seorang investor yang memilih instrumen kripto sebagai landasannya, Anda harus tahu dan paham dengan istilah yang ada di dalamnya, termasuk dengan crypto fear and greed index.

 

Cara kerjanya pun terbilang tidak biasa, sebab ada lima komponen yang umum digunakan untuk menentukan Crypto Fear and Greed Index, apa saja? Yuk simak ulasannya di bawah ini!

Komponen Kerja Crypto Fear and Greed Index

Menurut beberapa sumber yang berhasil kami rangkum, berikut ini adalah komponen yang digunakan untuk mengukur aset kripto, antara lain:

Volatilitas

 

Volatilitas harga menyumbang 25 persen dari total indeks penilaian. Komponen penilaian ini umumnya melihat harga Bitcoin yang ada saat ini kemudian  membandingkannya dengan rata-rata 30 dan 90 hari. 

 

Volatilitas sendiri dipakai sebagai pengukur level fear di pasar. Menurut sumber terpercaya volatilitas yang tidak biasa bisa jadi tanda pasar condong ke arah level fear.

Momentum/Volume Pasar

 

Momentum/Volume Pasar dipakai sebagai penilai level bullish atau keserakahan yang ada di pasar. Komponen ini juga umum digunakan sebagai penyumbang 25 persen dari total indeks penilaian. Selain itu juga untuk melihat volume dan momentum perdagangan Bitcoin yang ada saat ini, kemudian membandingkannya dengan rata-rata 30 dan 90 hari, lalu menggabungkan hasilnya. 

Media Sosial

 

Media Sosial biasanya menyumbang 15 persen dari indeks penilaian. Komponen dari media sosial pada dasarnya mengukur tagar Twitter yang mana hanya fokus pada Bitcoin, kemudian melihat kecepatan dan jumlah interaksi dari pengguna mengenai topic Bitcoin. Tingkat interaksi yang lebih tinggi dari normal biasanya akan dianggap sebagai perilaku pasar yang greed.

Dominasi

 

Dominasi hanya menyumbang 10 persen dari skor indeks yang merepresentasikan seberapa besar persentase atau market cap Bitcoin dari keseluruhan kapasitas pasar crypto. 

 

Intinya dengan bertambahnya dominasi Bitcoin maka dapat diartikan adanya pengurangan investasi pada altcoin yang lebih berisiko, sehingga bitcoin akan dianggap sebagai aset yang lebih aman untuk berinvestasi. 

Tren

 

Terakhir ada komponen Tren yang menyumbang 10 persen dari total penilaian indeks. Tren sendiri merupakan volume pencarian terhadap topik bitcoin yang bisa Anda lihat pada Google Trend. 

 

Anda harus waspada pada volume pencarian terhadap berita negatif mengenai bitcoin yang meningkat, maka hal tersebut bisa menjadi tanda kalau sentimen pasar ke arah fear.

Bagaimana, sudah paham bukan dengan cara kerja crypto fear and greed index? Semoga bermanfaat yah!

Leave a Reply

Your email address will not be published.