Beranda Teknologi Cara Melacak Nomor Telepon (HP) Seseorang Melalui Internet

Cara Melacak Nomor Telepon (HP) Seseorang Melalui Internet

Cara Melacak Nomor Ponsel Seseorang

Banyak orang sering menanyakan bagaimana cara melacak nomor telepon seseorang?. Mungkin pertanyaan semacam ini juga pernah terlontarkan oleh anda yang sering menerima sms atau panggilan dari nomor – nomor asing tak dikenal. Pada kesempatan kali ini saya akan coba menjabarkan beberapa cara yang bisa digunakan untuk melacak siapa pemilik sebenarnya dibalik nomor telepon yang sering mengganggu kehidupan anda. Langsung saja seperti apa cara – cara tersebut, berikut diantaranya:

Melacak nomor Hp seseorang
Melacak nomor Hp seseorang

Cara pertama untuk melacak nomor telepon seseorang adalah dengan memanfaatkan “kekuatan” internet. Coba langkah yang paling mudah dulu dengan mengetikkan nomor ponsel tersebut melalui layanan pencarian di internet (semisal Google.com, Bing.com, dll), lihat apa yang muncul di hasil pencarian. Alternatif lainnya atau cara yang kedua, anda bisa memanfaatkan beberapa layanan gratis seperti HLR Lookup (Home Location Register), namun layanan ini hanya sebatas mengetahui lokasi penerbitan nomor awal berdasarkan kode area saja (bukan lokasi saat ini).

Selain HLR Lookup, ada juga layanan direktori nomor telepon gratis lain yang banyak bertebaran di internet. Layanan ini seringkali menyimpan data – data lengkap termasuk kota asal dari sebuah nomor telepon. Namun kelemahan dari layanan direktori nomor gratis biasanya tidak uptodate, sehingga banyak data – data yang tercantum telah usang.

Namun begitu, ada juga sejumlah direktori nomor telepon versi berbayar yang bisa diakses secara online. Dibandingkan dengan yang gratis, versi berbayar tentu lebih menguntungkan karena memiliki sumber data yang selalu diupdate secara berkala. Metode pembayaran biasanya dilakukan secara bulanan, yang memungkinkan penggunanya bisa melakukan pencarian tak terbatas. Selain itu ada juga yang menawarkan metode pembayaran dengan sistim per pilihan pencarian. Karena informasinya yang selalu diupdate, cara ini cenderung lebih akurat untuk sekedar mengetahui nomor telepon seseorang.

Cara yang ketiga dan paling ampuh adalah menyewa langsung penyidik lokal guna untuk melacak siapa pemilik nomor telepon yang seringkali mengganggu anda. Alternatif ini tentu saja memerlukan biaya lebih mahal, namun apa daya jika sumber online tidak membuahkan hasil apapun, menyewa seorang profesional mungkin adalah satu – satunya solusi. Penyidik lokal seringkali memiliki jaringan dalam industri telekomunikasi sehingga memudahkannya untuk mengakses langsung catatan publik yang tidak bisa ditemukan secara online. Hal ini berarti, meskipun penelepon berusaha keras untuk menyembunyikan identitasnya, dalam waktu yang singkat, cepat atau lambat dia akan segera tertangkap.

Update Terbaru Cara Melacak Nomor Hp (Rabu, 16 Januari 2019)

Sebenarnya untuk benar-benar mengetahui lokasi tepatnya nomor Hp seseorang tanpa menggunakan GPS maupun koneksi internet, diperlukan beberapa penting diantaranya adalah:

  • MCC – Mobile Country Code (Kode Negara Seluler). Kode ini mengidentifikasi lokasi negara nomor tersebut diterbitkan. Misalnya, di Cina MCC-nya adalah 460, di AS – 310, Hongaria – 216, Belorussia – 257.
  • MNC – Mobile Network Code (Kode Jaringan Seluler). Kode ini mengidentifikasi operator seluler penerbit nomor ponsel. Tabel lengkap terkait kode MCC dan MNC bisa dilihat di sini.
  • LAC – Location Area Code(Kode Area Lokasi) adalah nomor unik berhubungan dengan area lokasi saat ini. Area lokasi adalah kumpulan stasiun pangkalan (BTS) yang dikelompokkan bersama untuk mengoptimalkan pensinyalan.
  • CellID (CID) – adalah nomor unik yang umumnya digunakan untuk mengidentifikasi setiap Base transceiver station (BTS) atau sektor dari BTS dalam kode area Lokasi.

Setiap kali kita beraktivitas menggunakan telepon seluler, baik itu kirim sms, melakukan panggilan, internetan, dan lain-lain. Hp kita akan secara otomatis mengirimkan data-data terkait telepon termasuk kode seri IMEI Hp, MCC, MNC, CellID, dll ke tower BTS. nash, dari sini operator sebenarnya sudah tahu di mana lokasi orang pemegang ponsel berada, mau bersembunyi di manapun akan tetap terlacak, asal hpnya dapat sinyal.

Namun sayangnya, privasi sangatlah penting dan tidak sembarangan bisa dipublikasikan begitu saja. Operator seluler tidak akan mengizinkan satu pelanggan lain mengetahui lokasi realtime pelanggan lainnya hanya dari mengetahui nomor ponselnya. Bayangin sajalah, kalau misalnya (contoh saja) Anda punya hobi mengganggu orang (miscall-miscoll), apakah tidak malu jika diketahui lokasi dan siapa Anda sebenarnya?.

Nah, yang berhak tahu ya cuman pemilik operator seluler dan petugas berwenang (misal polisi) untuk melacak keberadaan seseorang misalnya saja penjahat kasus korupsi yang melarikan diri entah ke mana. Mereka akan menggunakan kombinasi kode di atas dengan metode Triangulation untuk melacak keberadaan seseorang.

Kalau untuk sekedar mengetahui nama pemilik nomor seseorang dari mengetahui nomornya saja, saya rekomendasikan situs ini (emobiletracker). Cukup masukkan nomor ponselnya dan klik Track Now, nanti akan muncul nama dari pemilik nomor tersebut (contoh gambar di atas). Saya coba untuk nomor XL dan Tri berjalan lancar, namun untuk Indosat terkadang muncul terkadang tidak.

Sedangkan untuk sekedar memblokirnomor telepon asing yang sering mengganggu Anda, saya rekomendasikan menggunakan aplikasi ini (Whoscall) untuk Android. Cukup sekali klik, nomor pengganggu tersebut tidak akan bisa menghubungi Anda lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here