Berbagai Objek Wisata Gunung Merapi yang Seru Untuk Berlibur

Posted by

Gunung Merapi merupakan alah satu wisata alam yang sering dikunjungi wisatawan saat berlibur ke Jogja. Banyak objek wisata di kawasan Gunung Merapi sehingga banyak wisatawan yang tertarik. Berikut ini objek wisata di kawasan Gunung Merapi.

 

1. Taman Nasional Gunung Merapi

Pertama ada Taman Nasional Gunung Merapi yang berupa kawasan hutan lindung dan konservasi sumber daya alam. Bagi kamu pecinta alam pastinya suka dengan lokasi ini. Ada jalur pendakian yang aman, pepohonan yang rindah, dan kesejukan udara yang segar.

Jika hendak menggunakan jalur pendakian, kamu bisa mengambil jalanl melalui Desa Kinahrejo, yang berjarak kurang lebih 9 km dari puncak Gunung Merapi dan bisa ditempuh dalam waktu sekitar 10 jam. Kamu juga bisa menemukan aneka satwa liar seperti monyet dan burung Elang Jawa.

 

2. Kaliadem

Selanjutnya ada kawasan dengan suasana alam yang sejuk. Kawasan yang dahulunya adalah pemukiman warga yang berlokasi di Desa Kepuharjo, Cangkringan, Sleman atau sekitar 35 km ke arah utara dari pusat Kota Jogja.

Setelah Merapi mengalami erupsi pada tahun 2010 silam, kawasan pemukiman warga ini tidak lagi dihuni dan menjadi tempat wisata. Kamu bisa menemukan pemandangan yang indah di pagi hari. Juga banyak spot foto dengan latar belakang cantik. Jika kamu menyukai tantangan bisa juga mengelilingi lokasi ini dengan menyewa mobil Jeep yang pastinya seru. Kamu juga bisa menemukan bunker Merapi yang merupakan tempat perlindungan apabila terjadi erupsi Gunung Merapi.

 

3. Batu Alien Cangkringan

Lalu ada objek wisata batu alien Cangkringan yang merupakan sisa erupsi Gunung Merapi pada 2010 lalu. Batu besar dengan bentuk aneh sehingga disebut dengan batu alien.

 

4. Wisata Adventure Lava Tour Merapi

Jika kamu suka sesuatu yang menegangkan, maka wisata Adventure Lava Tour Merapi akan sangat seru. Kamu bisa berkendara dengan jip di jalan rusak yang terdampak erupsi dahsyat Gunung Merapi pada 2010 silam.

 

5. Tlogo Putri

Objek wisata air Tlogo Putri terletak di Desa Hargobinangun, Pakem, Sleman merupakan wisata air dan alam yang berada di lereng selatan Gunung Merapi.

 

6. The World Landmark Merapi Park

Selanjutnya kamu bisa pergi ke The World Landmark Merapi Park yang cocok untuk wisata bersama keluarga. Terdapat banyak permainan untuk anak dan juga miniatur landmark dari berbagai negara.

 

Serunya berwisata ke Jogja ya. Kota ini cukup digemari sebagai tempat wisata karena kemudahan akomodasinya, berbagai moda transportasi bisa digunakan untuk mencapai kota ini. Salah satunya adalah bus, kamu bisa menggunakan transportasi bus dan membeli tiketnya secara online.

Saat ini kamu bisa membeli tiket bus dengan mudah menggunakan Pegipegi. Caranya cukup instal aplikasi Pegipegi, lalu lihat harga tiket bus di Pegipegi sesuai destinasi dan jadwal keberangkatan yang kamu inginkan. Lalu kamu bisa bertransaksi dengan berbagai pilihan pembayaran yang aman. Kamu jadi bisa mengunjungi tempat liburan paling menarik di Jogja lainnya, karena di aplikasi Pegipegi semua kebutuhan akomodasi kamu juga tersedia.

 

refrensi :

https://www.detik.com/jateng/wisata/d-6106517/6-tempat-wisata-lereng-merapi-kaliadem-hingga-batu-alien

Leave a Reply

Your email address will not be published.