Beranda Dunia Islam Biografi Singkat Syaikh Muhammad al Shalih al Utsaimin

Biografi Singkat Syaikh Muhammad al Shalih al Utsaimin

Syeikh Muhammad Shalih Al-Utsaimin
Syeikh Muhammad Shalih Al-Utsaimin

Bernama lengkap Abu Abdillah Muhammad bin Shalih bin Muhamad bin
Utsaimin al Wuhaiby al Tamimy.

Dilahirkan di kota Unaizah tanggal 27 Ramadhan l347 H. Berguru dan belajar kepada Syaikh Abdurrahman bin Nashir al Sa’dy yang termasuk guru pertamanya, tentang tauhid, tafsir, hadits, fiqh, ushul fiqh, ilmu waris, musthalah al hadits, nahwu dan sharaf. Juga belajar kepada guru keduanya Syaikh Ibnu Baz.

Beliau banyak belajar tentang Shahih al Bukhory, sebagian karya Syaikh al Islam Ibnu Thimiyah dan beberapa buku-buku fiqh. Ketika Syaikh Abdurrahman al Sa’dy meninggal, beliau menjadi imam masjid jami’ di Unaizah. Juga mengajar di jurusan syariah dan ushuluddin cabang Universitas Islam al Imam Muhammad bin Sa’ud di Qashim. Juga menjadi anggota Korps Ulama-ulama Besar di Arab Saudi.

Memiliki karya tulis yang cukup banyak, bernilai dan macam-macam, seperti: Syarhu Lum’at al Itiqad li Ibn Qudamah, dan al Qawaid al Mutsla fi Shifatillah wa Asmaih al Husna di aqidah; al Ushul min Ilm al Ushul, al Dima al Thabi’iyah linnisa di fiqh dan ushul fiqh; Ushul fi al Tafsir dan Tafsir Ayat al Kursy di tafsir dan ushul tafsir; al Dhiya al Lami’ fi al Khutab al Jawami’ (1&2),

Selanjutnya tentang Majalis Syahr Ramadhan di topik dakwah, nasehat dan anjuran, dan lain sebagainya. Juga berbagai macam kaset dan rekaman dari pengkajian buku-buku, seperti Syarh Zad al Mustaqni’, Syarh Bulugh al Maram dan Syarh Shahih al Bukhary.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here