Beranda Hobi Cara Membuat Kue Kembang Goyang Bebas Gluten

Cara Membuat Kue Kembang Goyang Bebas Gluten

Kue gembang goyang adalah salah satu makanan yang cukup popular di Indonesia. Kalau di pedesaan kue kembang goyang biasanya dibuat pada saat ada acara pernikahan untuk menjamu para tamu-tamu yang hadir. Untuk membuat kue kembang goyang tidaklah terlalu sulit dan tidak pula memakan waktu lama dalam prosesnya. Kita bisa membuat sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang sudah ada.

Untuk membuat kue kembang goyang bebas gluten ini, Anda harus mengocok adonan yang ada menggunakan waffle iron (cetakan kue kembang goyang) dalam panci yang berisi minyak panas. Setelah itu baru digoreng lagi dalam minyak mendidih.

Kue kembang goyang yang akan kita buat ini nantinya akan cukup menghasilkan 30 kue dan memerlukan waktu masak sekitar 45 menitan. Adapun bahan yang diperlukan antara lain:

  • 100 gram tepung beras
  • 150 ml santan
  • 1 butir telur
  • 3 sendok makan gula bubuk
  • 1 sendok teh gula vanila
  • 1/4 sdt garam
  • Minyak untuk menggoreng (saya menggunakan minyak bunga matahari)
  • Peralatan untuk mencetak kue

Cara membuat adonan

  1. Pecahkan telurnya lalu masukkan ke dalam sebuah wadah yang disediakan. Kocok-kocok sampai terbentuk merata.
  2. Tambahkan gula, gula vanila dan garam, aduk hingga rata
  3. Tuangkan semua santan
  4. Sekarang aduk tepung beras sedikit demi sedikit ke dalam adonan.
Membuat adonan kue kembang goyang
Membuat adonan kue kembang goyang

Setelah semuanya siap, saatnya kita panaskan pencetak kue ke dalam minyak panas setidaknya selama 15 menit. Baiknya untuk menghasilkan bentuk kue yang sempurna, minyak harus benar-benar panas dengan suhu antara 180 hingga 185 derajat Celcius. Jadi untuk melakukan hal ini kita bisa menggunakan alat thermometer.

Memanaskan pencetak ke dalam minyak panas
Memanaskan pencetak ke dalam minyak panas

Saat pencetak sudah dipanaskan dalam minyak, kita bisa menekannya di atas handuk dapur, tujuannya agar minyak yang berlebih bisa dihilangkan. Lalu kita masukkan ke dalam adonan, seperti yang terlihat pada gambar di atas. Namun perlu diingat jika Anda menekannya terlalu dalam, maka nantinya kue tidak akan terlepas dari pencetak.

Memasukkan pencetak ke dalam adonan
Memasukkan pencetak ke dalam adonan

Kemudian kita masukkan pencetak ke dalam minyak mendidih dan kue akan mulai menggelembung dengan indah. Setelah dalam 5 hitungan, kita bisa menggoyang-goyangkan pencetak dan kue akan terlepas dengan sendirinya.

Menggoreng kue sembari menggoyang-goyangkannya
Menggoreng kue sembari menggoyang-goyangkannya

Kita biarkan mendidih selama tiga detik lagi dan kemudian mengeluarkannya dengan penjepit dan memakai kertas dapur untuk menyingkirkan kelebihan minyak.

Awalnya kembang goyang akan terlihat masih lunak, tetapi setelah 3 detik mendingin di atas kertas, teksturnya jadi super renyah.

Kue kembang goyang sudah jadi
Kue kembang goyang sudah jadi

Kita bisa biarkan pencetak dalam minyak agar tetap panas. Tetapi juga jangan terlalu panas, karena nantinya adonan tidak akan menempel dengan baik dan mudah terlepas.

Kita bisa membuat patokan dengan mengangkat pencetak dari minyak panas dalam 10 hitungan sebelum mencelupkannya lagi dalam adonan. Dengan cara ini, panasnya akan pas atau bisa juga menggunakan thermometer untuk memperoleh takaran yang tepat.

Kini kue kembang goyangnya sudah jadi dan siap untuk dinikmati. Akhirnya, selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here