Beranda Teknologi Cara Menghapus Background Gambar dengan Cepat Tanpa Photoshop

Cara Menghapus Background Gambar dengan Cepat Tanpa Photoshop

Jika kalian sering menggunakan aplikasi photoshop untuk menghapus background gambar, mungkin akan sedikit merasa bosan dan kelelahan karena prosesnya yang agak lama. Namun dengan menggunakan alat sederhana ini, pekerjaan edit photo akan terasa lebih ringan.

Menghapus Background Gambar tanpa photoshop
Menghapus background photo tanpa photoshop

Adalah Remove.bg, sebuah aplikasi online yang dapat menghapus background atau latar belakang gambar foto dalam hitungan detik, tidak perlu lasso tool atau kerumitan pengeditan lainnya seperti saat menggunakan photoshop.

Karena menggunakan AI alias kecerdasan buatan yang diprogram khusus pada gambar orang, jadi Remove.bg hanya berfungsi pada foto manusia saja untuk saat ini. Dalam sekali klik, aplikasi akan langsung memisahkan subjek dari latar belakang dan membiarkan gambar foto orangnya saja bersih dan siap untuk dieksekusi pada proses editing selanjutnya.

Awalnya aplikasi Remove.bg belum begitu populer sehingga hanya sedikit orang yang menggunakannya. Namun kini, setelah seorang pengguna Twitter bernama Matt Haughey mengujinya di gambar Gritty, semua orang ikut-ikutan dan berduyun-duyun menggunakannya. Kini aplikasi Remove.bg sudah cukup populer dikalangan pengguna di internet.

Menghapus background foto tanpa photoshop
Seorang pengguna Twitter mencoba kehebatan tool Remove.bg

Bahkan dalam sebuah ujicoba menggunakan gambar foto wanita dengan rambut terurai, hasil penghapusan backgroudnya cukup bagus dan halus. Kita tahu sendiri menghapus background di sekitar rambut memerlukan ketelitian serta ketelatenan tinggi agar hasilnya halus tidak bergerigi dan nampak amatiran.

Menurut situs web Remove.bg, penciptanya juga mengaku muak dengan proses intensif penggunaan sumber daya tinggi perangkat padahal hanya untuk tugas-tugas pengeditan yang terbilang sepele.

“Awalnya kami memiliki rencana untuk membangun aplikasi yang menggunakan gambar transparan yang dihasilkan sebagai dasar untuk sesuatu yang lain. Mengingat hasil yang menjanjikan, kami berpikir: Mengapa tidak merilis algoritma penghapusan latar belakang apa adanya, sebagai alat bagi banyak desainer, fotografer, artis, dan orang lain yang secara teratur perlu menghapus latar belakang dari gambar? Jadi itulah yang kami lakukan sekarang.

Sejak rilis remove.bg kami telah menerima banyak feedback bagus dan saat ini kami sedang menyusun rencana untuk masa depan alat ini. Kami belum memiliki pengumuman pasti tentang ini, satu-satunya hal yang jelas adalah: Kami ingin terus menawarkan layanan saat ini secara gratis, secara permanen. “

Aplikasi penghapus background foto
Cara penggunan aplikasi Remove.bg sangat mudah

Jadi untuk penggunaannya sangat mudah, kunjungi atau klik situsnya langsung Remove.bg, lalu pada bagian Select a photo, untuk mengunggah foto dari computer, atau enter a URL, untuk memasukkan alamat URL gambar tanpa perlu menguploadnya dari komputer. Hasilnya akan langsung muncul di bawahnya dalam hitungan detik (sekitar 1 – 5 detik), klik Download untuk menyimpan fotonya di computer. Selamat mencoba…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here