Ciri-Ciri Asam Urat yang Penting untuk Diketahui

Posted by

Ciri ciri asam urat perlu untuk Anda ketahui agar di sini Anda bisa mengantisipasi penyakit tersebut. Perlu diketahui asam urat dapat menyerang siapa saja tidak kenal muda, tua, laki-laki ataupun perempuan semua memiliki potensi yang sama.

Terkadang ciri-ciri dan gejalanya seringkali disepelekan oleh karena menyerupai badan yang pegal setelah seharian melakukan aktivitas.

Apa Saja Ciri-Ciri Asam Urat?

Asam urat tersebut bisa Anda hindari dengan menerapkan gaya hidup sehat, Anda tak perlu khawatir soal nyeri. Anda di sini hanya perlu waspada saat nyeri datang setelah melakukan konsumsi golongan makanan seperti makanan tinggi gula ataupun minuman beralkohol.

Bisa jadi tubuh Anda mempunyai kadar asam urat yang tinggi. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri dari asam urat yang perlu untuk diketahui.

Mendadak Terasa Nyeri

Mungkin Anda pernah merasakan mendadak nyeri sendiri hanya dalam waktu singkat. Jika nyeri tersebut datang berulang kali dan membuat sendi Anda merah, bengkak serta sakit, maka Anda perlu segera memeriksakan diri pada dokter.

Nyeri Saat Malam Hari

Saat malam hari umumnya seseorang tidak banyak mengkonsumsi air. Orang yang memiliki kadar purin cukup tinggi serta kurang minum bisa saja terserang oleh nyeri saat malam hari. Serangan tersebut nantinya  akan berlangsung cukup lama hingga akhirnya mengakibatkan sendi nyeri, tidak nyaman saat tidur, panas.

Akibatnya di sini selain mengalami asam urat, Anda pun juga akan mempunyai masalah pada kualitas tidur. Karena itu asam urat ini tidak boleh di sepelekan.

Mengalami Demam

Ciri yang berikutnya yaitu Anda akan mengalami demam. Sebaiknya di sini Anda tidak menyepelekan ketika demam datang karena nyeri persendian atau sendi yang meradang akan menyebabkan seseorang mengalami kepala pusing, demam bahkan hingga mual.

Mengalami Nyeri yang Berulang

Nyeri sendi yang sering kali berulang dan datang juga perlu untuk Anda diwaspadai karena bisa saja rasa nyeri tersebut akan bertambah parah. Seseorang yang terserang nyeri sendi yang hebat tak mampu melakukan aktivitas bahkan sekedar untuk bangun dari tempat tidur mereka.

Jika ternyata gejala-gejala di atas muncul pada diri Anda maka Anda perlu segera memeriksakan diri pada dokter. Dengan begitu nantinya dokter bisa melakukan diagnosis serta memberikan proses perawatan dan pengobatan yang tepat untuk Anda.

Sekalipun demikian penyakit asam urat ini bisa dicegah dengan beberapa cara. Cara-cara tersebut seperti contohnya menghindari makanan yang memiliki kandungan purin cukup tinggi. Pantangan asam urat tak seperti penyakit-penyakit yang lain.

Jika pencegahan untuk penyakit lain mengharuskan untuk seseorang konsumsi banyak buah dan sayuran maka pada penyakit asam urat tidak demikian. Untuk mencegah asam urat ini maka sebaiknya hindari makanan dengan kandungan purin yang tinggi.

Sayur yang memiliki kandungan purin tinggi seperti contohnya bayam, jamur, kacang-kacangan, kembang kol. Sedangkan untuk buah yang memiliki kandungan purin tinggi contohnya nangka dan durian.

Anda perlu menghindari makanan-makanan tersebut. Dan sangat disarankan bagi penderita asam urat untuk mengonsumsi makanan yang bisa mengurangi kandungan asam urat tersebut seperti contohnya jahe, pisang, cuka apel, ceri dan lemon.

Tapi penting untuk diingat sebelum Anda mengonsumsi makanan tersebut sebaiknya konsultasi lebih dahulu dengan dokter. Selain itu perlu untuk mengurangi konsumsi minuman beralkohol dan soda.

Seperti contohnya bir yang memiliki kandungan purin cukup tinggi. Sedangkan minuman manis ataupun minuman kafein bisa menyebabkan kadar asam urat Anda nantinya bertambah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.