Beranda Pengetahuan Daftar Makanan yang Tidak Boleh Dipanaskan Ulang dan Bahayanya

Daftar Makanan yang Tidak Boleh Dipanaskan Ulang dan Bahayanya

Makanan yang tidak boleh dipanaskan
Daftar makanan yang tidak boleh dipanaskan ulang

Ketika masih memiliki sisa makanan, biasanya orang akan memanaskannya kembali untuk dimakan lagi sehingga tidak mubazir atau sia-sia. Praktek ini, meskipun sering dilakukan oleh kebanyakan orang, namun tidak semuanya sadar bahwa ada jenis makanan tertentu yang bila dipanaskan ulang justru dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Jika kebetulan habis mengadakan hajatan, pesta ulang tahun, atau perayaan apa pun, dan masih memiliki sisa makanan yang belum sempat dimakan lantaran sudah kenyang atau penyebab lainnya, pastikan makanan yang ingin dipanaskan tersebut tidak termasuk dalam daftar di bawah:

Sayuran Akar dan Berdaun

Bit dan sayuran lain, seperti bayam, selada, dan seledri, kaya akan nitrat, yang bermanfaat bagi tubuh. Pemanasan ulang sayuran ini dapat mengubah senyawa nitrit melalui konversi panas yang kemudian berubah menjadi nitrosamin. Senyawa ini diketahui bersifat karsinogenik, jadi hindari memanaskan ulang sayuran akar dan berdaun ini demi kesehatan.

Telur dan Ayam

Tidak masalah jika ingin memanaskan makanan yang mengandung telur di dalamnya. Namun, jika yang dimaksud adalah memanaskan kembali telur orak-arik atau telur rebus, maka itu lain lagi. Telur bisa menjadi racun jika dipanaskan pada suhu tinggi, terutama setelah matang atau sudah dimasak.

Di lain sisi, makan ayam yang dipanaskan setelah dimasak sehari sebelumnya adalah kebiasaan sangat berbahaya yang tidak diketahui banyak orang. Protein yang ditemukan dalam daging ayam akan berubah, menyebabkan masalah serius pada pencernaan.

Perlu diingat bahwa ayam memiliki kandungan protein lebih banyak daripada daging merah. Jika Anda memiliki sisa ayam yang belum dimakan, tidak perlu membuangnya asal belum basi. Nikmati saja dalam keadaan dingin. Boleh dipanaskan ulang tapi dengan panas yang sangat rendah.

Kentang

Kentang adalah makanan bertepung alami yang mengandung banyak manfaat kesehatan. Namun, nilai gizinya akan berkurang secara signifikan ketika dibiarkan tidak segera dimakan selama satu hari atau lebih. Jangan memanaskan kembali sisa kentang karena bisa menjadi racun yang menyebabkan keracunan makanan serius.

Jamur

Jamur adalah sumber makanan nabati bergizi dengan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun, lain lagi jika yang dikonsumsi adalah sisa jamur kemarin yang dipanaskan ulang karena dapat menyebabkan masalah pencernaan serius. Jamur seharusnya dimakan segera setelah matang karena akan dengan cepat memburuk (jadi racun) jika tidak cepat dikonsumsi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here