Beranda Kesehatan Daun Asam Jawa Ternyata Bisa untuk Obat Diabetes hingga Malaria

Daun Asam Jawa Ternyata Bisa untuk Obat Diabetes hingga Malaria

Manfaat Asam Jawa
Asam Jawa

Asam Jawa adalah tanaman populer yang memiliki banyak kegunaan meliputi obat, kuliner, tanaman hias hingga sebagai pewarna ekonomis yang alami. Nama ilmiah dari asam Jawa adalah Tamarindus indica.

Asam Jawa dapat dimasukkan dalam diet harian karena mengandung banyak manfaat kesehatan guna menunjang dan meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Umumnya banyak orang terutama ibu-ibu rumah tangga mengenal asam Jawa sebagai bumbu masakan untuk sayur asam saja. Namun tak banyak yang tahu jika ternyata asam Jawa juga memiliki khasiat obat untuk penyakit terutama pada daunnya.

Berikut ini adalah beberapa manfaat daun asam Jawa untuk mengobati penyakit yang perlu Anda tahu:

Pengobatan Diabetes

Daun asam mengandung senyawa yang dapat membantu meningkatkan kinerja dan fungsi hati. Orang yang menderita diabetes atau kadar gula yang tinggi dalam darah dapat memanfaatkan daun asam untuk meningkatkan kadar insulin dalam tubuh. Juga, daun asam dapat membantu memperbaiki kinerja empedu dalam darah, sehingga Anda akan terhindar dari penyakit kuning.

Pengobatan Batuk Kering

Untuk pengobatan batuk kering, Anda bisa menggunakan daun asam dan daun sage.

Caranya:

  1. Buat takaran ½ daun asam dan daun sage.
  2. Rebus 2 daun tersebut dalam 4 gelas air.
  3. Rebus selama beberapa saat sampai tersisa 1 gelas.
  4. Saring campuran.
  5. Minumlah selagi masih hangat.
  6. Pengobatan Demam

Daun asam jawa juga bisa dijadikan sebagai ramuan teh herbal untuk membantu menyembuhkan bagi orang yang tengah mengalami sakit flu dan demam.

Pengobatan Malaria

Malaria disebabkan oleh gigitan nyamuk Anopheles betina. Menurut penelitian, ekstrak daun asam membantu menghambat pertumbuhan plasmodium falciparum, yang dibawa oleh nyamuk dan menyebabkan malaria.

Perawatan Luka

Gunakan jus yang dibuat dari daun asam, lalu oleskan pada titik luka. Khasiatnya dapat membuat luka tersebut lebih cepat sembuh. Hal ini lantaran adanya sifat antiseptik yang ada pada daun asam Jawa. Selain itu juga bisa mencegah pertumbuhan parasit dan infeksi lainnya serta mempercepat regenerasi sel-sel baru.

Cara Memilih Daun Asam Jawa

Untuk dikonsumsi sebagai obat, daun asam Jawa tersedia dalam bentuk kering dan segar.

Daun Asam Jawa segar

Pilihlan daun asam segar dengan cirri khas berwarna hijau muda dan daunnya tidak boleh layu. Cuci bersih sebelum dikonsumsi sebagai obat.

Daun Asam Jawa Kering

Untuk meningkatkan daya simpannya, daun asam dikeringkan di bawah sinar matahari atau secara komersial menggunakan pengering. Daun ini perlu direndam dalam air dan ekstraknya kemudian dapat juga digunakan untuk keperluan kuliner.

Cara Penyimpanan Daun Asam

Daun asam segar harus didinginkan dan dikonsumsi dalam waktu tidak lebih dari seminggu. Untuk daun keringnya cukup disimpan dalam wadah kedap udara dan dapat digunakan selama berbulan-bulan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here