Beranda Kesehatan Fakta Ilmiah Kandungan Daun Mangga Efektif Sembuhkan Diabetes

Fakta Ilmiah Kandungan Daun Mangga Efektif Sembuhkan Diabetes

Daun mangga obat diabetes
Daun mangga muda

Diabetes adalah kondisi kesehatan yang menyebabkan kadar gula darah meningkat di atas ambang kewajaran. Ini terjadi ketika pankreas menghentikan produksi insulin tetapi dalam kasus lain, diabetes juga terjadi saat tubuh tidak dapat memanfaatkan insulin secara efektif. Penyakit ini dapat disertai dengan masalah kesehatan lainnya, seperti:

  • Penglihatan buruk berkembang menjadi kebutaan
  • Kelemahan
  • Gagal ginjal
  • Penyakit jantung
  • Hipertensi
  • Kerusakan saraf
  • Disfungsi ereksi pada pria.

Secara medis diabetes dikatakan belum ada obatnya, namun dengan mengikuti gaya hidup sehat penderita dapat meminimalisir dampak risiko yang ditimbulkan. Ada pengobatan tertentu yang dapat membantu mengendalikan penyakit, sehingga diharapkan pasien dapat hidup normal kembali. Namun, seringkali ini memiliki efek samping dan pastinya berbiaya tidak murah. Inilah sebabnya mengapa beberapa orang beralih ke perawatan alami.

Sejatinya alam sudah memberi kita solusi obat untuk berbagai penyakit, termasuk diabetes. Kali ini, kita akan mengetahui fakta ilmiah kenapa daun mangga dikatakan efektif dalam menyembuhkan diabetes.

Daun Mangga Membantu Penderita Diabetes

Daun mangga, terutama ekstraknya, telah digunakan oleh orang Cina kuno untuk mengobati asma dan diabetes. Daunnya penuh dengan senyawa aktif yang efektif dalam mengendalikan gejala kondisi kesehatan, termasuk:

  • Asam caffeic
  • Mangaferin
  • Flavonoid
  • Asam galat

Senyawa yang terdaftar di atas membuat daun mangga menjadi obat yang efektif untuk diabetes. Selain itu, daunnya juga dapat membantu menghilangkan racun dalam tubuh (antioksidan) dan bahkan dapat berfungsi sebagai perlindungan terhadap alergi.

Manfaat Daun Mangga untuk Penderita diabetes

Daunnya bisa memberikan manfaat berikut bagi penderita diabetes:

Kontrol Gula Darah

Cara paling efektif untuk mengendalikan diabetes adalah dengan mengontrol gula darah. Ekstrak daun mangga dapat meningkatkan produksi insulin dan distribusi glukosa, yang dapat menurunkan kadar gula darah.

Mengendalikan Kolesterol

Kolesterol tinggi dapat merusak jantung dan ini bisa menjadi masalah besar bagi menderita diabetes. Karena daun mangga kaya akan pektin, vitamin C, dan serat, kombinasi ini dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh secara efektif.

Pencegahan Retinopati Diabetik

Daunnya juga mengandung vitamin A, yang mendukung kesehatan mata.

Daun mangga dapat mengurangi gejala diabetes, seperti sering buang air kecil di malam hari, penurunan berat badan tanpa sebab, dan penglihatan kabur. Untuk mendapatkan semua manfaatnya, Anda membutuhkan 10 hingga 15 lembar daun mangga muda segar dari pohonnya.

Rebus dengan air sampai mendidih dan setelah itu biarkan hingga semalaman. Di pagi harinya sebelum makan atau minum apa pun, konsumsilah teh daun mangga, jangan lupa disaring terlebih dahulu. Jadikan ini bagian dari rutinitas harian selama dua hingga tiga bulan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here