Gejala Anemia Pada Anak, Apa yang Harus Diketahui?

Posted by

Anemia atau kurangnya sel darah merah adalah gangguan kesehatan yang cukup serius dan harus diwaspadai. Gangguan kesehatan ini bisa menyerang siapa saja, termasuk anak-anak. Oleh karenanya, mengetahui gejala anemia pada anak menjadi hal yang penting agar Anda bisa melakukan tindakan pencegahan dengan tepat dan cepat.

Berbincang tentang gejala anemia yang muncul pada anak, ada beberapa gejala umum yang sering muncul dan bisa dijadikan patokan. Adapun beberapa gejala umum yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Kulit pucat atau terlihat cenderung kuning
  • Pipi dan bibir terlihat lebih pucat
  • Lapisan kelopak mata serta kuku cenderung tidak berwarna merah muda
  • Anak lebih mudah marah
  • Anak cenderung lebih mudah lelah dan cenderung lebih sering tertidur
  • Anak bisa mengalami kerusakan pada sel darah merah dan mengalami masalah kulit mata yang menguning

Beberapa hal di atas adalah tanda umum yang menjadi gejala dari anemia pada anak. Jika Anda melihat adanya tanda tersebut muncul, sebaiknya Anda segera melakukan pemeriksaan. 

Penyebab Anemia pada Anak

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab kenapa anemia muncul pada anak. Adapun beberapa sebab yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Kehilangan darah

Salah satu sebab umum anemia adalah kehilangan darah. Kondisi ini akan membuat anak kekurangan darah hingga anemia terjadi. Masalah kehilangan darah bisa muncul dikarenakan adanya peradangan usus ataupun parasit yang ada di dalam tubuh.

2. Nutrisi yang tidak terpenuhi 

Anak memerlukan pemenuhan nutrisi yang penting. Oleh karenanya, memberikan makanan sumber nutrisi yang baik menjadi hal yang sangat penting dilakukan. Masalah nutrisi yang tidak terpenuhi ini juga bisa menjadi biang terjadinya anemia pada anak.

3. Kondisi kesehatan tertentu

Anak dengan kondisi kesehatan tertentu juga bisa terserang anemia. Salah satu kondisi kesehatan yang memicu terjadinya anemia pada anak adalah gangguan penyakit celiac ataupun Crohn.

Beberapa hal di atas adalah apa yang menjadi penyebab serta gejala anemia pada anak. Perlu diketahui bahwa penangana anemia pada anak sebaiknya dilakukan secepatnya.

Deskripsi: gejala anemia pada anak bisa muncul dengan beberapa variasi. Anda perlu mengetahuinya agar bisa melakukan tindakan yang tepat. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.