Beranda Kesehatan Gunakan FAST, Cara Tercepat Mengetahui Tanda Penyakit Stroke

Gunakan FAST, Cara Tercepat Mengetahui Tanda Penyakit Stroke

Tanda seseorang terkena stroke
Tanda seseorang terkena stroke

Mengetahui tanda dan gejala awal penyakit stroke adalah langkah penting untuk memastikan agar penderita segera mendapatkan perawatan medis yang dibutuhkan. Karena jika tidak lekas ditangani, stroke bisa berakibat fatal dan bahkan kematian.

Gejala awal stroke yang tidak cepat diobati akan menjadi parah dengan tersumbatnya aliran darah ke otak, penderita kehilangan sekitar 1,9 juta neuron. Hal ini bisa berpengaruh pada ucapan, gerakan, ingatan, dan banyak lagi pada penderitanya.

FAST kependekan dari Face, Arms, Speech dan Time adalah cara termudah untuk mengenali dan mengidentifikasi tanda penyakit stroke yang paling umum. Mengetahui gejala dini stroke dan panggilan pertolongan segera akan menentukan seberapa cepat seseorang menerima bantuan serta perawatan tepat yang diperlukan. Stroke yang ditangani segera akan lebih mudah disembuhkan daripada yang sudah terlanjur parah.

Gunakan teknik FAST berikut ini untuk mengetahui tanda peringatan awal seseorang terkena stroke:

  • FACE (WAJAH): Mintalah orang yang bersangkutan untuk tersenyum. Apakah ada satu sisi wajah yang Nampak terkulai terkulai (seperti menyos)?
  • ARMS (LENGAN): Minta orang yang bersangkutan untuk mengangkat kedua lengannya. Apakah terlihat salah satu lengannya melayang sendiri (tanpa sadar) ke bawah?
  • SPEECH (BICARA): Mintalah orang yangbersangkutan untuk mengulangi beberapa kalimat sederhana. Apakah terdengar ucapannya yang tidak jelas atau aneh?
  • TIME (WAKTU): Jika Anda mengamati salah satu dari tanda-tanda ini, segera hubungi pihak medis atau rumah sakit agar tidak terlambat mendapat pertolongan.

Adapun beberapa gejala stroke lain termasuk diantaranya:

  • Mati rasa atau kelemahan tiba-tiba pada wajah, lengan atau kaki, terutama pada satu sisi tubuh.
  • Kebingungan tiba-tiba, kesulitan berbicara, atau pemahaman kata-kata.
  • Kesulitan tiba-tiba melihat di satu atau kedua mata.
  • Kesulitan berjalan tiba-tiba, pusing, kehilangan keseimbangan atau koordinasi
  • Tiba-tiba sakit kepala parah tanpa sebab jelas yang diketahui.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here