Beranda Kesehatan Herbal Hentikan Kerontokan Rambut dengan Ramuan Daun Jambu, Ini Resepnya

Hentikan Kerontokan Rambut dengan Ramuan Daun Jambu, Ini Resepnya

Jambu biji
Jambu biji

Siapa pun bisa mengalami masalah rambut, terutama rambut rontok. Kerontokan rambut jika tidak segera ditangani dengan benar bisa menyebabkan kebotakan yang tidak diinginkan. Ada pengobatan alami yang dapat Anda coba untuk mengatasi masalah kerontokan rambut. Bahan utamanya adalah dengan memanfaatkan khasiat dari kandungan daun jambu biji.

Buah jambu diketahui sangat bergizi dengan tiga kali asupan vitamin C harian yang disarankan. Ditambah lagi dengan adanya kandungan vitamin A, serat, kalium, dan likopen yang kesemuanya baik untuk kesehatan tubuh.

Baca juga: Khasiat Daun Jambu Biji untuk Mengatasi Berbagai Masalah Kulit

Daun Jambu Biji untuk Mengatasi Kerontokan Rambut

Menggunakan daun jambu biji dan mengoleskannya secara langsung ke rambut bisa membuatnya lebih lembut dan juga berkilau. Namun bagi orang yang memiliki masalah rambut rontok, khasiat daun jambu biji hustru bisa membantu menebalkan volume rambut.

Baca juga: 9 Manfaat Luar Biasa Teh Daun Jambu Biji Bagi Kesehatan

Daunnya efektif dalam meningkatkan pertumbuhan rambut karena membantu mengatasi masalah pada kulit kepala, yang merupakan titik utama penyebab umum kerontokan rambut. Daun jambu biji memiliki sifat penyembuhan, termasuk anti-inflamasi, antioksidan, analgesik, dan antibakteri. Semua ini berkontribusi pada kesehatan kulit kepala yang lebih baik.

Untuk menggunakan daun jambu biji sebagai sarana pengobatan alami rambut, berikut adalah beberapa hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu:

  • Segenggam daun jambu biji yang dipetik langsung dari pohonnya
  • Satu liter air (mentah)
  • Saringan
  • Sebuah pot (panci untuk memasak)

Jika semua yang dibutuhkan sudah disiapkan, sekarang kita lanjut ke bagian cara membuatnya. Simak langkah-langkahnya berikut:

  • Tambahkan satu liter air ke dalam panci.
  • Taruhnci di atas kompor dan biarkan hingga mendidih.
  • Saat air mendidih, saatnya kita tambahkan daun jambu biji.
  • Biarkan daun mendidih dalam air selama sekitar 20 menit.
  • Gunakan saringan untuk mengambil cairannya.
  • Biarkan cairan mendingin sebelum dioleskan ke kulit kepala.

Pastikan untuk membersihkan rambut terlebih dahulu sebelum menggunakan larutan daun jambu biji. Anda dapat menggunakan shampo dan kemudian mengeringkan rambut sebelum diolesi ramuan.

Baca juga: 4 Resep Obat dari Daun Jambu Biji yang bisa Anda Buat di Rumah

Untuk memudahkan pengaplikasian ke rambut, pisah atau belah rambut menjadi beberapa bagian saat mengoleskan cairannya ke kulit kepala rambut. Pijat kulit kepalaselama sekitar 10 menit atau lebih jika perlu.

Rambut harus basah dengan air daun jambu biji, terutama pada akar dan ujungnya. Anda bisa membilasnya setelah dua jam atau membiarkannya di rambut semalaman. Cukup ditutup dengan handuk dan khasiatnya akan mulai bekerja secara maksimal saat Anda tidur. Membilas sisa larutan daun jambu biji memerlukan air hangat agar bersih maksimal

Disarankan agar membuat larutan daun jambu biji ini tiga kali seminggu, terutama jika ingin sembuh dari masalah rambut rontok. Jika rujuannya hanya untuk mempercepat pertumbuhan rambut atau menjaga rambut lebih kuat dan bercahaya, gunakan ramuan dua kali seminggu saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here