Beranda Kesehatan Herbal Ini yang Terjadi pada Tubuh 24 Jam Setelah Makan Bawang Putih Panggang

Ini yang Terjadi pada Tubuh 24 Jam Setelah Makan Bawang Putih Panggang

Bawang putih panggang
Bawang putih panggang

Bawang putih telah dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Salah bumbu masakan yang selalu ada di dapur ini populer karena kemampuannya untuk mengobati dan mencegah banyak penyakit.

Satu butir bawang putih utuh bisa berisi sekitar 10-20 siung potongan-potongan kecil isinya. Sebenarnya kita cukup mengonsumsi 6 siungnya saja sudah bisa memeroleh manfaat penyembuhannya dalam 24 jam.

Senyawa aktif dalam bawang putih dikenal sebagai Allicin, sejenis senyawa organosulfur. Allicin adalah senyawa obat utama yang berperan penting sebagai agen anti-bakteri dalam bawang putih. Studi juga menunjukkan bahwa allicin bertanggung jawab untuk koagulasi anti-darah, penurun lipid, anti-kanker, anti-hipertensi, efek anti-mikroba dan antioksidan.

Apa efeknya pada tubuh jika bawang putih dipanggang terlebih dahulu sebelum dikonsumsi sebagai obat?. Dalam kurun waktu 24 jam tubuh akan mengalami peningkatan-peningkatan yang luar biasa setiap jamnya. Bawang putih telah digunakan dalam pengobatan penyakit selama berabad-abad. Studi dan pengobatan modern telah menemukan banyak khasiat menyehatkan dari penggunaan bawang putih sebagai obat alami dari alam.

Berikut ini efek yang terjadi pada tubuh 24 jam setelah mengonsumsi bawang putih panggang:

1 jam

Senyawa allicin memasuki tubuh melalui saluran pencernaan dan bergerak ke seluruh tubuh. Ini bia langsung terjadi dalam kurun jam pertama mengonsumsi bawang putih.

2-4 Jam

Dalam 2-4 jam, senyawa yang ada dalam bawang putih mulai menghancurkan sel kanker. Sesuai hasil studi National Cancer Institute, “Efek protektif (kanker) dari bawang putih dapat berasal dari sifat anti-bakteri, atau dari kemampuannya untuk menghentikan aktivasi zat penyebab kanker, memblokir pembentukan zat penyebab kanker, mengurangi proliferasi sel , meningkatkan perbaikan DNA atau menginduksi kematian sel kanker itu sendiri”.

4-6 Jam

Setelah 4-6 jam bawang putih dicerna, metabolisme mulai mengenali sifat-sifat bermanfaat dan membantu menghilangkan lemak serta cairan berlebih dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena kandungan dalam bawang putih dapat meningkatkan kemampuan sel T untuk melakukannya.

Mengkonsumsi bawang putih membantu meningkatkan jumlah sel T melawan virus dalam aliran darah. Ilmuwan Nutrisi dari University of Florida melaporkan dalam jurnal Clinical Nutrition pada 2012 bahwa mengonsumsi ekstrak bawang putih yang sudah tua mengurangi keparahan gejala flu dan pilek.

Gejala-gejalanya lebih cepat hilang pada mereka yang mengonsumsi ekstrak bawang putih, dibandingkan dengan mereka yang tidak. Menurut penjelasannya, ekstrak bawang putih bekerja dengan meningkatkan fungsi sel kekebalan tubuh terhadap para peserta yang ikut dalam penelitian.

6-10 Jam

Setelah 6-10 jam konsumsi, bawang putih telah memberikan efek pada tingkat sel. Sebuah penelitian yang dilakukan di Medical University of South Carolina menemukan adanya senyawa organo-sulfur tertentu dalam bawang putih yang membunuh sel kanker otak tanpa mengganggu sel sehat lainnya.

10-24 Jam

Dalam 10-24 jam setelah konsumsi, tubuh mengalami banyak manfaat dari mengonsumsi bawang putih itu sendiri. Kada kolesterol jahat akan mengalami penurunan, sistem kekebalan meningkat, kinerja atletik juga ditingkatkan, dan kekuatan tulang juga ikut meningkat.

Bagaimana cara membuat bawang putih panggang?

Cukup ikuti petunjuk sederhana cara pembuatannya di bawah ini:

  1. Panaskan oven hingga 400 ° F. Jika tidak punya, bisa menggunakan Magic Com sebagai pemanggangnya.
  2. Kupas kulit tipis lapisan luar bawang putih. dan simpan dagingnya.
  3. Buang sekitar 1/4 hingga 1/2 inci pertama dari bagian atas siung bawang putih.
  4. Selanjutnya masukkan bawang putih dalam sebuah wadah panci.
  5. Siram dengan minyak zaitun dan oleskan sampai merata ke seluruh potongan bawang putih.
  6. Tutup dan selimuti bawang putih yang sudah diolesi dengan minyak zaitun tadi menggunakan aluminium foil.
  7. Panggang selama 30-35 menit atau sampai lunak.
  8. Biarkan bawang putih dingin, buang pembungkusnya jika masih ada yang menempel.

Perlu diperhatikan jika mengonsumsi bawang putih panggang ini sebagai obat, agar minum banyak air putih dan makan makanan ringan untuk perut, seperti protein yang mudah dicerna dan sayuran segar. Jangan makan gula atau makanan olahan lainnya.

Disarankan pula agar tinggal di rumah sementara waktu selama menjalani diet bawang putih ini. Istirahat yang tenang dan biarkan tubuh mengeluarkan bau bawang putih selama setidaknya 24 jam.

Pengobatan dengan bawang putih panggang ini dapat dilakukan setidaknya satu bulan sekali.

Bagaimana cara menyimpan bawang putih panggang?

Jika Anda membuat bawang putih panggang lebih dan ingin dikonsumsi besoknya lagi, maka bisa dibekukan bersamaan dengan es batu atau letakkan di lemari es yang tertutup dalam sebuah wadah dengan penutup rapat hingga seminggu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here