Beranda Kesehatan Jangan Dibuang, Kulit Bawang Punya 3 Kegunaan Istimewa Ini

Jangan Dibuang, Kulit Bawang Punya 3 Kegunaan Istimewa Ini

Kulit bawang
Kulit bawang

Sebagian besar dari kita pasti akan langsung membuang kulit bawang setelah mengambil dagingnya untuk dibuat bumbu masakan. Menurut sebuah survei oleh Uni Eropa, ada lebih dari 500.000 ton sampah yang berasal dari bawang. Tanpa kita sadari bahwa sebenarnya kulit bawang juga padat akan nutrisi. Selai juga memiliki banyak kegunaan lain yang tidak kalah istimewanya.

Kegunaan Kulit Bawang

Lain kali jika Anda mengupas kulit bawang (merah maupun putih), baiknya disimpan, jangan langsung dibuang. Inilah kegunaan istimewa dari kulit bawang yang perlu Anda ketahui:

Campuran makanan (sup) yang memiliki manfaat kesehatan

Kulit bawang bernutrisi dan sebenarnya kaya akan senyawa fenolik dan serat. Manfaatnya bahkan dapat membantu memerangi penyakit jantung. Bisa dimakan langsung atau ditambahkan ke dalam makanan lain misalnya sup, kita sudah dapat menikmati manfaatnya.

Pewarna untuk wol dan rambut

Kita juga bisa menggunakan kulit bawang sebagai pewarna alami. Kulitnya bahkan berguna untuk membuat pewarna rambut, yang bisa mengubah rambut menjadi cokelat keemasan. Plus, bawang juga bermanfaat untuk rambut, karena memiliki khasiat melawan kerontokan rambut secara alami.

Sembuhkan kram kaki

Kulit bawang sebenarnya juga efektif dalam menyembuhkan masalah kram kaki. Kita cukup memasukkan kulitnya ke dalam air dan biarkan mendidih selama 10 hingga 20 menit. Setelah itu, kita saring airnya dan meminum ramuan layaknya teh. Disarankan agar meminumnya sebelum tidur untuk memaksimalkan manfaatnya. Biasanya dalam waktu satu minggu, penyakitnya sudah mulai sembuh.

Baca juga: Manfaat Ajaib Bawang Putih Fermentasi dan Cara Buat Sendiri di Rumah

Penelitian terbaru telah mengonfirmasikan bahwa kulit bawang memang mengandung flavonoid, merupakan senyawa tanaman yang memiliki kualitas antioksidan kuat. Sama seperti bawang dagingnya, kulitnya juga mengandung quercetin, adalah senyawa anti-inflamasi yang dapat membantu menyingkirkan radikal bebas penyebab kanker.

Quercetin telah dipelajari oleh ilmuwan hingga sekarang, terutama penggunaan dan manfaatnya bagi kesehatan kita. Senyawa ini bahkan dapat memberikan manfaat sebagai berikut:

  • Mengurangi LDL atau kadar kolesterol jahat
  • Mengurangi tingkat tekanan darah tinggi
  • Kurangi efek sakit akibat peradangan
  • Meningkatkan perkembangan dan fungsi otot
  • Atasi masalah alergi
  • Membantu mengobati depresi
  • Memerangi beberapa bentuk kanker serta penyakit lainnya

Untuk memanfaatkan senyawa quercetin dalam bawang, termasuk dengan senyawa tanaman lain yang terkandung di dalamnya, disarankan agar jangan melepas kulitnya. Cukup masukkan satu atau dua bawang utuh (termasuk kulitnya juga) ke dalam panci saat membuat sup atau masakan lainnya. Namun untuk memastikan manfaat yang didapat sesuai harapan, pilih hanya bawang organik. Karena jika tidak, kita justru hanya akan menelan racun pestisida yang disemprotkan pada kulitnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here