Beranda Kecantikan Konsumsi 6 Makanan Ini, Karang Gigi Bersih Secara Alami

Konsumsi 6 Makanan Ini, Karang Gigi Bersih Secara Alami

Karang gigi
Ilustrasi karang gigi bersih

Peribahasa berkata kita adalah apa yang kita makan, hal ini secara tidak langsung juga menyiratkan tentang kondisi pada gigi dan gusi seseorang, karena apapun yang kita makan juga bisa berpengaruh pada gigi itu sendiri.

Ambil contoh jika kita makan terlalu banyak makanan manis atau bertepung, maka selain kita sendiri, ada juga bakteri di mulut yang ikut serta makan. Hal ini dapat menyebabkan timbulnya plak atau karang pada gigi, merupakan lapisan tipis dari bakteri yang hampir tidak terlihat namun dapat menutupi semua permukaan gigi.

Plak inil ambat laun dapat menghancurkan lapisan enamel dan menyebabkan kerusakan parah pada gigi. Bakteri plak, tidak hanya memengaruhi gigi, tetapi juga gusi serta tulang akibat peradangan yang disebabkannya.

Baca juga:

Meskipun ada beberapa makanan yang dapat menyebabkan penumpukan plak. Di lain sisi ada juga makanan yang jika dikonsumsi dapat membantu menghindarkan dan membersihkan plak atau karang gigi. Di antara yang paling direkomendasikan adalah sebagai berikut:

Jamur shitake

Jamur shitake mengandung lentanin, merupakan jenis gula yang bisa memakan plak di gigi kita.

Keju keras

Setiap kali makan keju, efeknya bisa mengaktifkan kelenjar ludah kita, sehingga mulut menghasilkan lebih banyak air liur. Sebagai gantinya, menjadi lebih mudah bagi mulut dalam membersihkan plak. Keju keras juga memiliki kemampuan alami untuk menghilangkan plak pada gigi.

Teh hijau

Minuman ini dapat membantu mencegah penumpukan plak dengan bantuan polifenolnya. Minum teh hijau dapat menekan dan bahkan mematikan perkembangan bakteri penyebab plak dengan memperlambat pertumbuhan dan mengurangi produksi asamnya. Pun demikian, tidak dianurkan menambahkan lemon atau gula karena kedua bahan tersebut dapat membalikkan manfaatnya.

Jus cranberry

Jus cranberry sebenarnya lebih populer digunakan sebagai ramuan herbal bagi orang dengan infeksi saluran kemih (ISK). Namun jus cranberry juga mengandung proanthocyanidins yang dapat menghentikan perlekatan bakteri di gigi dan gusi. Jus ini dapat mengganggu enzim yang menghasilkan plak, sehingga tidak bisa terbentuk lagi.

Buah dan Sayuran yang Kaya Serat

The American Dental Association (ADA) merekomendasikan makan lebih banyak makanan yang kaya serat karena mampu menghasilkan efek seperti deterjen di dalam mulut. Buah-buahan dan sayuran yang kaya serat juga mendorong air liur mengalir lebih banyak, yang membuatnya lebih mudah mencegah plak, gigi berlubang, dan bahkan erosi pada gigi.

Permen Karet tanpa Gula

Jika belum sempat menyikat gigi, alternatif lain yang bisa kita lakukan adalah dengan mengunyah permen karet tanpa gula. Mengunyah permen karet dapat menjaga air liur mengalir, sembari menghilangkan sisa partikel makanan di mulut kita.

Meski makanan dan minuman di atas dapat membantu menghilangkan plak, kita juga harus tetap menjaga kebersihan gigi yang baik guna memaksimalkan pencegahan pertumbuhan plak dan kotoran gigi lainnya di masa depan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here