Beranda Kesehatan Konsumsi Berlebihan 5 Makanan Ini Sebabkan Penyakit Jantung

Konsumsi Berlebihan 5 Makanan Ini Sebabkan Penyakit Jantung

Serangan jantung
Serangan jantung

Penyakit jantung adalah salah satu penyebab utama kematian di banyak negara di dunia. Obesitas adalah salah satu alasan yang menyebabkan seseorang bisa terkena penyakit jantung. Selain tidak atau kurang aktif secara fisik, makanan yang kita makan juga secara langsung dapat meningkatkan peluang menderita serangan jantung.

Konsumsi makanan-makanan berikut haruslah dibatasi atau tidak boleh berlebihan jika ingin kesehatan jantung Anda tetap terjaga hingga usia tua:

Daging Olahan

Sebisa mungkin, Anda harus menghindari makan daging olahan atau cukup dibatasi hanya dua porsi setiap minggunya. Hot dog, sosis, daging deli (olahan), dan salami mungkin adalah makanan favorit banyak orang. Tetapi untuk saat ini harus benar-benar dibatasi pengonsumsiannya lantaran ada kandungan sejumlah besar bahan pengawet, nitrit, dan garam, yang justru sangat buruk bagi kesehatan jantung.

Biji-Bijian Olahan

Makanan lain yang memiliki efek buruk bagi kesehatan jantung adalah biji-bijian olahan. Dalam hal ini, jumlah konsumsinya haruslah dibatasi sebanyak mungkin. Di sisi lain, banyak penelitian membuktikan bahwa asupan tinggi biji-bijian (murni) dapat menurunkan risiko stroke, diabetes, dan tentu saja penyakit jantung. Akan tetapi mengonsumsi berlebihan makanan dari bijian yang sudah diolah seperti sereal rendah serat dan roti putih justru hanya akan meningkatkan tekanan darah dan juga kadar kolesterol yang berujung pada penyakit jantung.

Minuman Ringan

Minuman yang manis-manis, seperti softdrink, haruslah dibatasi hingga delapan ons porsi setiap harinya. Jika memungkinkan, Anda juga harus menghindari minuman bersoda. Bahkan soda yang memiliki keterangan bebas gula atau rendah gula, tetap harus dihindari atau setidaknya dikurangi meminumnya karena tidak menawarkan nutrisi yang cukup bagi tubuh. Sebaliknya, justru hanya akan menambah kenaikan berat badan tidak terkendali, yang merupakan faktor risiko serangan jantung.

Lemak Trans

Jajan kemasan, margarin, dan roti merupakan lemak trans tinggi dan harus dikurangi konsumsinya sesegera mungkin. Jenis lemak ini hanya akan meningkatkan kolesterol jahat. Jika Anda ingin ngemil makanan ringan, pilihlah produk makanan yang dengan jelas disebutkan tidak mengandung lemak trans.

Lemak jenuh

Mayo, krim asam, dan mentega adalah salah satu sumber utama lemak jenuh. Terlalu banyak jenis lemak ini dapat meningkatkan kolesterol dalam darah, yang kemudian berakibat berkembangnya penyakit jantung koroner.

Selain dari makanan yang disebutkan di atas, Anda juga harus mengurangi minum alkohol dan berhenti merokok (jika merokok), ini penting jika ingin hidup yang sehat hingga hari tua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here