Beranda Kesehatan Herbal Lemon Bisa Jadi Obat Encok yang Mujarab, Begini Cara Mengolahnya

Lemon Bisa Jadi Obat Encok yang Mujarab, Begini Cara Mengolahnya

Perasan air lemon
Perasan air lemon

Sakit encok (asam urat) bisa disebabkan oleh terlalu banyaknya akumulasi asam dalam tubuh. Para ahli mengatakan, sebenarnya dengan hanya membuat satu perubahan kecil pada diet atau pola makan yang lebih sehat sudah dapat membantu mencegah dampak menyakitkan akibat serangan yang ditimbulkannya.

Jika tubuh memproduksi terlalu banyak zat yang dikenal sebagai asam urat, atau ginjal tidak lagi dapat menyaringnya keluar dari tubuh, lama kelamaan akan menumpuk dan menyebabkan kristal terbentuk di sekitar sendi. Area yang terkena tersebut akan menjadi sakit dan meradang, menyebabkan persendian terasa tidak nyaman, panas dan membengkak, yang dapat membuat kulit di sekitar persendian juga sakit.

Di sisi lain, para ahli melaporkan bahwa lemon jika dikonsumsi dalam dosis tertentu dapat membantu meredakan gejala-gejala kondisi yang ditimbulkan akibat encok atau asam urat.

Khasiat Lemot Bantu Sembuhkan Encok AKibat Asam Urat

Lemon adalah salah satu buah yang termasuk dalam keluarga jeruk atau sitrus. Asam sitrat yang terkandung dalam lemon memberikan rasa asam. Lemon juga banyak digunakan sebagai bahan utama dalam banyak minuman dan makanan karena rata-rata satu buah lemon mengandung sekitar 3 sendok makan jus.

Lemon secara alami kaya akan vitamin C, yang merupakan obat alami yang terkenal mujarab untuk encok. Penelitian menemukan bahwa buah jeruk seperti clementine, jeruk biasa, tangerine dan lemon dapat membantu melarutkan asam urat dalam darah. Hal ini disebabkan oleh tingginya kadar asam sitrat dalam lemon, sehingga sangat ampuh dalam melepaskan kelebihan asam urat dalam tubuh.

Vitamin C juga dikenal luas sebagai obat alami untuk asam urat, yang dipercaya mampu mengurangi kelebihan asam urat dalam tubuh. Kadar asam urat yang tinggi adalah penyebab utama timbulnya sakit encok akibat asam urat. Kadar asam urat yang normal berada di bawah 6mg/dL, melebihi itu akan menyebabkan masalah kesehatan.

Cara Membuat Jus Lemon untuk Asam Urat

Metode 1: Jus Lemon dengan Air

  • Peras 1-2 buah lemon ke dalam segelas air tawar.
  • Minumlah di pagi hari ketika baru bangun, dengan kondisi perut masih kosong.
  • Lakukan ini setiap hari sampai dirasa ada kesembuhan.

Metode 2 – Jus Lemon dengan Baking Soda

Anda juga dapat menambahkan soda kue atau natrium bikarbonat ke jus lemon dan air untuk membuat minuman penyeimbang pH yang kuat dan juga bekerja cepat. Minuman ini dapat mengubah pH dengan sangat cepat selama dikonsumsi, tetapi ada satu hal yang perlu dipahami terkait obat asam urat ini adalah, menurut TheGoutSite:

Sodium bikarbonat adalah “buffer“, istilah teknis yang berarti bahwa, ketika ditambahkan ke cairan, ia memiliki kemampuan untuk mengubah pH asli cairan, terlepas apakah itu asam atau basa, ke pH 7, yaitu netral; tidak asam atau basa.

Tapi, perlu diingat juga bahwa obat ini digunakan saat timbulnya encok saja dan bukan untuk perawatan berkelanjutan. Setelah gejala mereda, konsumsi jus lemon harus segera dihentikan

Cara Mengolahnya:

  • Tambahkan 2 sendok makan jus lemon ke dalam 8oz gelas air.
  • Tambahkan ½ sendok makan baking soda.
  • Aduk rata.
  • Campuran ini nantinya akan berbusa, tetapi tetap tunggu sampai benar-benar rata sebelum minum.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here