Beranda Kesehatan Lima Cara Pengobatan Lendir Kista Secara Alami

Lima Cara Pengobatan Lendir Kista Secara Alami

Lendir kista
Lendir kista

Meskipun lendir kista atau mucocele biasanya hanya berupa benjolan yang tidak berbahaya di mulut, namun dampaknya bisa sangat menjengkelkan. Infeksi sinus atau saluran saliva yang rusak dapat menyebabkan kista ini, termasuk juga kebiasaan sering menghisap bibir dan bahkan jika memiliki tindik bibir.

kebanyakan, kista jenis ini tidak akan menyebabkan rasa sakit yang signifikan dan pada suatu waktu bisa meledak sendiri. Penyembuhannya juga tidak akan memakan waktu lama, tetapi kita dapat mempercepat prosesnya dengan cara-cara pengobatan tertentu.

Adanya lendir kista ini dapat memicu produksi air liur berlebih, yang dampaknya dapat menyebabkan kesulitan dalam mengonsumsi makanan dan bahkan menimbulkan masalah bicara.

Metode Pengobatan Alami Mucocele

Untuk membantu mempercepat proses penyembuhan kista lendir, Anda dapat menggunakan beberapa ramuan yang memiliki sifat astringen guna menghilangkan cairan di dalam kantung benjolan dan mengeringkannya.

Beberapa herbal yang memiliki sifta antimikroba juga dapat mencegah infeksi lebih lanjut di jaringan, yang sangat berguna jika penyebabnya adalah infeksi sinus. Lebih lengkap berikut adalah pengobatan alami terbaik untuk lendir kista:

Madu

Cairan manis ini memiliki sifat antibakteri yang sudah terbukti khasiatnya. Madu telah lama digunakan untuk mengobati masalah dan infeksi pada kulit. Untuk menggunakannya sebagai obat lendir kista, cukup oleskan pada kista setiap malam sebelum tidur untuk mengurangi peradangan.

Tawas (Alum)

Sama seperti cara dalam penggunaan madu, pengaplikasian potasium aluminium sulfat (tawas) terhidrasi pada lendir kista juga bisa membuatnya cepat pecah. Pastikan Anda membilasnya setelah beberapa menit.

Daun Sage

Daun sage yang biasanya digunakan untuk menambahkan aroma nikmat pada makanan ini memiliki sifat astringen. Khasiatnya juga dapat membantu mengurangi peradangan pada lendir kista. Ambil sage secukupnya dan gunakan sebagai obat kumur untuk mengobati mucocele.

Air Garam Hangat

Dalam segelas air hangat, tambahkan garam laut dan gunakan sebagai obat kumur tiga kali sehari untuk memecahkan lendir kista lebih cepat.

Kunyit

Bumbu populer ini memiliki sifat antibakteri kuat yang dapat membantu mengobati berbagai infeksi, termasuk kista mulut. Untuk menggunakan kunyit sebagai obat, tambahkan pasta atau bubuk ke susu. Celupkan bola kapas ke dalam campuran dan oleskan ke kista dua kali sehari.

Meskipun juga dapat mengunjungi dokter gigi untuk membantu menghilangkan lendir kista, obat-obatan di atas juga bisa digunakan sebagai alternative alami untuk menghentikan infeksi dan menghilangkan benjolannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here