Beranda Kesehatan Lima Hal Positif Terjadi Jika Anda Rutin Push-up Sebulan

Lima Hal Positif Terjadi Jika Anda Rutin Push-up Sebulan

Push-up adalah olahraga praktis yang dapat dilakukan di mana saja tanpa peralatan khusus. Jangan anggap remeh push-up hanya bagus sebagai latihan pemanasan saja, lakukan setiap hari selama satu bulan penuh untuk mendapatkan sejumlah manfaat istimewanya

Latihan push-up
Latihan push-up

Sebelum kita mengetahui manfaat melakukan push-up selama sebulan, mari kita bahas terlebih dahulu bagaimana tahap awal yang benar untuk memulainya.

Pertama dan terpenting, jika Anda memiliki riwayat kesehatan tertentu maka harus dibicarakan dulu ke dokter perihal rencana untuk berolahraga secara teratur. Jika Anda mengidap penyakit tertentu, maka wajib untuk memeriksakan diri terlebih dahulu.

Menahan diri dari upaya untuk melakukan 100 push-up pada hari pertama. Tak hanya sangat tidak mungkin jika Anda belum pernah melakukan push-up sebelumnya, tetapi itu juga akan menempatkan diri pada risiko tinggi mengalami cedera serius. Sama seperti ketika memulai resimen olahraga teratur, sangat penting untuk memulai hal-hal perlahan untuk menangkal insiden yang tidak menguntungkan.

Yang perlu Anda lakukan adalah cukup cari tempat yang nyaman dan coba lakukan push-up. Segera setelah merasa tidak dapat melakukannya lagi, maka langsung dihentikan. Mau empat putaran atau enam putaran push-up itu tak masalah, karena tahap awal. Anda tidak memaksakan diri melakukan puluhan push-up sekaligus, kecuali Anda sudah pernah berada di militer selama bertahun-tahun sekarang.

Ingat jumlah push-up yang dapat Anda lakukan pada hari ke-1. Pada hari kedua, coba lakukan push-up dalam jumlah yang sama. Jika Anda merasa sudah mampu melakukan satu atau dua lagi putaran pada hari ke 3, maka jangan ragu untuk melakukannya. Pada hari ke-4, lengkapi jumlah push-up yang sama, begitu juga pada hari ke 5. Pada hari ke-6, dan hari ke-7, coba tambahkan satu atau dua push-up lagi.

Jadi jika Anda mulai melakukan 5 push-up pada hari pertama, mengikuti saran di atas maka Anda dapat melakukan 8 hingga 9 push-up pada akhir minggu pertama. Terus tambahkan satu atau dua lagi setiap kali Anda merasa dapat melakukan lebih banyak lagi

Seandainya Anda merasa bahwa lengan dan dada terasa sakit sehari setelah melakukan push-up,istirahat dulu selama beberapa waktu. Penting untuk memberi banyak waktu bagi otot agar bangkit kembali melakukan push-up lanjutan. Berakhir dengan sakit lengan dan dada sangat mungkin terutama jika Anda memiliki gaya hidup yang tidak aktif sebelumnya

Jadi apa yang akan terjadi pada akhir bulan ketika Anda melakukan push-up setiap hari? Berikut beberapa di antaranya:

Anda akan memiliki tubuh bagian atas yang kencang

Push-up adalah latihan yang luar biasa untuk otot-otot yang terletak di lengan, dada, dan punggung. Bahkan, melakukan push-up sama seperti menggunakan segala macam mesin mewah di gym yang dirancang untuk menargetkan tubuh bagian atas. Lakukan latihan ini secara teratur untuk membuktikan sendiri manfaatnya.

Bentu perut menjadi lebih datar

Meskipun sepertinya push-up hanya bertumpu di lengan saja, otot inti juga terlibat setiap kali kita melakukan push-up. Dengan kata lain, push-up dapat membantu membentuk perut menjadi lebih datar dan ideal.

Meluruhkan lemak berlebih

Melakukan push-up juga bisa membantu mempercepat metabolisme tubuh sehingga tubuh dapat membakar banyak kalori. Push-up adalah salah satu cara terbaik bagi orang yang ingin langsing. Dengan melakukan push-up setiap hari, kita dapat menyingkirkan kelebihan kalori tersebut sebelum akhirnya disimpan sebagai lemak di bawah kulit.

Memiliki daya tahan tubuh lebih baik

Di era seperti sekarang, memiliki stamina yang senantiasa prima adalah sangat penting , atau kita akan gagal menuju sukses di dunia yang serba cepat ini. Jika Anda ingin meningkatkan daya tahan tubuh secara bertahap, lakukan push-up secara teratur setiap hari untuk mendapatkan tingkat daya tahan tubuh yang lebih baik.

Tulang Akan Lebih Kuat

Melakukan latihan menahan beban membantu memperkuat tulang, menurut ahli kebugaran. Push-up dianggap sebagai latihan menahan beban yang sangat baik. Lakukan push-up secara teratur selama sebulan untuk meningkatkan kekuatan tulang, terutama di bagian atas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here