Beranda Kesehatan Lima Manfaat Luar Biasa Makan Tiga Buah Kurma Seminggu

Lima Manfaat Luar Biasa Makan Tiga Buah Kurma Seminggu

Kurma Ajwa
Kurma Ajwa, buah kurma kesukaan Nabi Muhammad

Jika mendengar kata kurma, kebanyakan orang akan langsung terbayangkan negara Arab dan bulan Puasa. Iya, hal itu lantaran kurma adalah salah satu buah kesukaan Nabi Muhammad dan juga buah paling populer di jazirah Arab.

Pada saat puasa Ramadhan, umat Muslim yang berpuasa disunnahkan agar berbuka dengan makan buah kurma terlebih dahulu. Tentu hal ini bukan tanpa alasan, secara ilmiah kurma memang sudah terbukti mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Dalam buah kurma mengandung banyak serat, antioksidan, vitamin dan mineral,yang dibutuhkan oleh tubuh. Bahkan cukup hanya dikonsumsi 3 buah setiap harinya selama seminggu, Anda akan memeroleh manfaat luar biasanya berikut ini:

Mencegah dan Menyembuhkan Sembelit

Pada buah kurma kering mengandung banyak serat, sehingga tidak heran manfaatnya juga dapat mencegah sekaligus menyembuhkan sembelit. Bahkan tidak hanya sembelit saja, tetapi juga wasir dan kanker usus besar.

Meningkatkan Kesehatan Usus

Mengonsumsi buah kurma kering dapat meningkatkan dan menyehatkan bakteri baik di di dalam usus kita . Sangat penting agar jumlah mikroba-mikroba yang bermanfaat secara signifikan lebih banyak daripada yang jahat sehingga tidak mengganggu kesehatan tubuh. Memiliki jumlah bakteri baik yang optimal dalam usus tidak hanya bermanfaat untuk pencernaan, tetapi juga peningkatan kekebalan tubuh dan suasana hati, menurut penelitian para ahli.

Mengoptimalkan Jumlah Sel Darah Merah

Sel darah merah (RBC: Red Blood Cell), adalah komponen penting darah yang mengambil oksigen dari paru-paru dan menyalurkannya ke berbagai sel tubuh. Dalam beberapa kasus, jumlah sel darah merah dapat turun, yang menyebabkan kondisi penyakit yang disebut anemia. Kurma kering akan memasok tubuh dengan zat besi, mineral yang diperlukan untuk pembuatan sel darah merah. Jadi, agar anemia tidak menyerang, pastikan untuk mengonsumsi makanan kaya zat besi seperti kurma secara teratur.

Memperkuat Kesehatan Tulang

Bukan rahasia lagi bahwa mineral kalsium sangat penting untuk menguatkan tulang dan menangkal osteoporosis. Kita bisa mendapatkan jumlah kalsium yang cukup dengan mengonsumsi buah kurma kering. Camilan lezat ini juga mengandung magnesium dan selenium, yang keduanya juga membantu dalam memerangi tulang rapuh dan lemah.

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Kurma kering mengandung serat dan antioksidan yang membantu menjaga arteri atau pembuluh darah agar tidak terjadi penyumbatan. Selain itu, dikemas juga dengan manfaat kalium, mineral yang membantu menurunkan tekanan darah. Dengan lancarnya aliran darah, maka risiko menderita penyakit jantung dan stroke akan sangat kecil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here