Beranda Kesehatan Lima Manfaat Luar Biasa Makan Tiga Butir Telur Setiap Hari

Lima Manfaat Luar Biasa Makan Tiga Butir Telur Setiap Hari

Manfaat telur
Tiga butir telur

Telur adalah salah satu bahan makanan hewani yang dalam penyajiannya sangat mudah dilakukan, tidak perlu diberikan bumbu apapun, cukup direbus saja dan langsung dimakan rasanya sudah cukup enak. Namun dibalik itu, telur juga menyimpan manfaat rahasia yang luar biasa untuk kesehatan tubuh manusia.

Telur mengandung protein dan bernilai gizi tinggi bahkan sudah populer digunakan sebagai sarana penurunan berat badan dengan Diet Telur. Telur adalah sumber makanan paling bergizi di planet ini. Karena itu, Anda tidak harus membatasi konsumsi telur beberapa minggu sekali. Mengkonsumsi dua hingga tiga telur setiap hari sebenarnya dapat meningkatkan kesehatan dan memiliki banyak manfaat luar biasa lainnya.

Mengapa Harus Makan Tiga Telur per Hari?

1. Bernilai gizi tinggi

Tahukah Anda bahwa telur memiliki begitu banyak vitamin dan mineral, seperti:

  • Vitamin A
  • Folat
  • Selenium
  • Kalsium
  • Fosfor
  • Zinc
  • Vitamin B
  • Vitamin D

Semua nutrisi ini terkomposisi dengan baik dalam telur yang hanya mengandung 77 kalori.

2. Baik untuk otak

Telur kaya akan kolin, merupakan salah satu vitamin B yang digunakan oleh otak untuk menghasilkan molekul dan membran sel baru.

3. Baik untuk mata

Seiring bertambahnya usia, mata akan mengalami suatu masalah yang dapat menyebabkan penglihatan buruk dan terkadang, mengarah pada penyakit mata. Beberapa nutrisi yang ada pada telur akan mencegah hal ini terjadi dan juga membantu menjaga penglihatan tetap sehat. Dua nutrisi ini adalah lutein dan zeaxanthin, merupakan antioksidan yang ditemukan dalam telur.

4. Protein berkualitas tinggi

Protein adalah nutrisi yang sangat penting karena merupakan bahan pembangun tubuh. Kita bisa mendapatkan protein yang cukup dengan makan tiga telur utuh setiap hari. Satu telur berukuran rata-rata mengandung lebih dari enam gram nutrisi, bersamaan dengan semua asam amino esensial dalam jumlah ideal.

5. Panjang Umur

Dengan konsumsi tiga telur sebagai makanan sehari-hari, manfaatnya dapat meningkatkan kesehatan dan panjang umur. Telur kaya akan vitamin E, yang dapat melindungi kita dari beberapa kanker dan penyakit jantung.

Kolesterol mungkin merupakan masalah terbesar tentang telur. Jika ada yang masih berpikira menghindari telur karena kolesterolnya, ketahuilah bahwa ada dua jenis kolesterol dan salah satunya tidak buruk.

Satu sel telur dapat memiliki setidaknya 180 mg kolesterol dan hati menghasilkan setidaknya 1.000 mg. Kabar baiknya, hati memproduksi kolesterol ketika kita makan makanan tinggi kolesterol. Tidak hanya itu, telur juga tinggi HDL atau kolesterol baik, yang sebenarnya dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here