Beranda Kesehatan Lima Penyebab Umum Kerusakan Hati Selain Konsumsi Alkohol

Lima Penyebab Umum Kerusakan Hati Selain Konsumsi Alkohol

Kerusakan hati
Perbandingan liver yang sehat dan tidak sehat

Kebanyakan orang mengatakan bahwa kerusakan hati atau liver disebabkan akibat konsumsi alcohol yang berlebihan. Meskipun memang benar minum banyak alkohol dapat menyebabkan masalah tersebut, para ahli kesehatan mengonfirmasi bahwa kerusakan pada hati sebenarnya bisa disebabkan oleh banyak hal selain dari alkoholisme.

Selain itu pula, jangan berasumsi bahwa kerusakan hati disebabkan oleh gaya hidup dan pilihan makanan tertentu. Dalam beberapa kasus, masalahnya bahkan tidak disebabkan oleh diri sendiri seperti yang banyak orang percayai. Berikut adalah berapa penyebab kerusakan hati selain alkoholisme:

Infeksi

Virus di lingkungan sekitar dapat menyerang tubuh dan kemudian mendatangkan malapetaka pada hati. Ketika infeksi sudah masuk dalam tubuh, akan terjadilah peradangan pada hati yang efeknya dapat mengurangi fungsionalitas dari organ hati itu sendiri.

Mengalami infeksi virus yang dapat menyebabkan kerusakan hati bahkan lebih umum dari yang Anda pikirkan. Hepatitis A, hepatitis B, hepatitis C, adalah beberapa jenis masalah hati paling umum yang disebabkan akibat infeksi virus.

Kegemukan

Ada masalah pada hati yang disebut sebagai penyakit hati berlemak alkoholik. Sama seperti namanya, penyakit tersebut disebabkan akibat akumulasi lemak berlebih di hati sebagai akibat dari minum banyak alkohol. Adanya terlalu banyak lemak di hati tersebut dapat menyebabkan segala macam komplikasi serius.

Tahukah Anda bahwa ada juga yang disebut penyakit hati berlemak non-alkohol?. Alih-alih alkoholisme, penyakit ini justru berasal dari obesitas atau kelebihan berat badan. Dalam beberapa kasus dapat pula disebabkan akibat kadar gula yang tinggi dalam aliran darah atau diabetes tipe 2 itu sendiri.

Kanker hati

Hampir semua masalah serius terkait kesehatan yang ada hubungannya dengan hati dapat menyebabkan kerusakan pada organ tersebut. Salah satu contoh yang sangat umum adalah kanker hati. Ada banyak komplikasi serius yang terkait dengan kanker hati, dan karena itu masalah ini tidak boleh disepelekan.

Ada banyak faktor risiko penyebab kanker hati, banyak di antaranya telah disebutkan di atas. Menurut para ahli kesehatan, beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko kanker hati secara signifikan adalah infeksi hati jangka panjang, obesitas, diabetes tipe 2 dan tentu saja alkoholisme.

Masalah Autoimun

Sebelumnya dijelaskan bahwa terkadang masalah kerusakan hati tidak disebabkan oleh beberapa faktor gaya hidup dan pola makan. Dalam beberapa kasus, hal itu melainkan karena sistem kekebalan seseorang yang mulai melemah.

Sederhananya, sistem kekebalan tubuh percaya bahwa hati adalah ancaman dan perlu dihilangkan. Hal tersebut dapat menyebabkan hati menjadi meradang. Satu contoh yang sangat umum dari kerusakan hati yang disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh disebut hepatitis autoimun.

Gen (Turunan Keluarga)

Sudah menjadi rahasia umum bahwa ada banyak kondisi kesehatan yang cenderung diwariskan dalam keluarga. Gen-gen tertentu yang dapat ditularkan oleh orang tua kepada anak-anaknya sebenarnya dapat meningkatkan kemungkinan masalah terkait kesehatan tertentu muncul cepat atau lambat .

Kerusakan hati kadang-kadang dapat disebabkan oleh gen, kata para ahli kesehatan. Sebagai contoh, adalah yang dikenal sebagai penyakit Wilson, ditandai dengan akumulasi jumlah copper yang berlebihan di berbagai organ tubuh, dan itu termasuk hati.

Hati adalah salah satu organ vital, yang berarti ia bertanggung jawab melakukan tugas-tugas yang diperlukan untuk bertahan hidup. Oleh karena itu, kerusakan sedikit pada hati efeknya bisa merambah ke berbagai organ tubuh lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here