Beranda Kesehatan Herbal Lima Tanaman Ini bisa Jadi Alternatif Pengusir Nyamuk Alami

Lima Tanaman Ini bisa Jadi Alternatif Pengusir Nyamuk Alami

Selama ini banyak orang menggunakan obat nyamuk kimiawi baik yang dibakar atau disemprotkan karena alasan kemudahan. Namun penggunaan dalam jangka panjang bahan-bahan semacam itu dikatakan memiliki dampak kurang baik bagi kesehatan tubuh. Anda bisa menemukan informasinya lebih lanjut di internet, jika mau.

Sebenarnya ada alternatif alami untuk mengusir nyamuk tanpa rasa khawatir dampak buruk yang ditimbulkannya. Dalam artikel ini, kami informasikan beberapa tanaman yang memiliki manfaat lain sebagai pengusir nyamuk. Tanaman-tanaman tersebut diantaranya adalah:

1. Kemangi

Daun kemangi
Daun kemangi

Kemangi memiliki kandungan alami minyak atsiri atau phytoextracts yang merupakan pengusir nyamuk sangat efektif. Para ilmuwan telah menemukan bahwa ekstraknya, terutama daun petrolium eter, efektif tidak hanya untuk mengusir nyamuk, tetapi juga untuk membunuh larvanya.

2. Sereh Wangi (Citronella)

Sereh wagni
Sereh wagni

Merupakan bahan yang paling umum digunakan dalam membuat obat nyamuk. Citronella atau serai/sereh memiliki aroma khas kuat yang bisa menutupi indera penciuman nyamuk, membuatnya lebih sulit bagi nyamuk untuk menemukan aroma darah kita.

Citronella juga digunakan dalam berbagai bentuk, seperti minyak esensial dan lilin beraroma terapi. Dalam penggunaannya, tanaman hidup lebih efektif karena aromanya yang lebih kuat. Serai wangi dikenal karena aromanya yang unik, sehingga banyak dimanfaatkab dalam membuat parfum dan peralatan mandi lainnya.

3. Sereh Dapur (Lemongrass)

sereh dapur
Sereh dapur

Meski sama-sama jenis serehnya, antara citronella dan lemongrass ada perbedaan aromanya. Minyak sereh yang selama ini dikenal di Indonesia merupakan minyak sereh wangi (citronella oil) yang biasanya digunakan dalam pembuatan minyak tawon dan minyak gandapura.

Sereh dapur atau Cymbopogon citrates mengandung citronella, minyak alami yang tidak disukai nyamuk. Tanaman ini banyak digunakan di Asia Tenggara untuk membumbui makanan seperti ayam dan digunakan sebagai obat anti-inflamasi di India.

4. Rosemary

Bunga rosemary
Bunga rosemary

Rosemary atau Rosmarinus officinalis adalah tanaman ramuan, yang sudah umum kita kenal. Rosemary bahkan dapat langsung ditanam di kebun dekat rumah untuk mengendalikan serangan nyamuk. Selain itu juga dapat dicampur menjadi berbagai lotion dan formula lainnya sebagai bahan pengusir nyamuk alami.

5. Marigold

Bunga marigold
Bunga marigold

Marigold mengandung Pyrethrum, senyawa yang paling sering digunakan di banyak produk penolak serangga. Marigold juga memiliki bau khas yang sangat tidak disukai oleh nyamuk, sehingga sangat efektif dijadikan sebagai bahan pengusir nyamuk alami.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here