Beranda Kesehatan Herbal Manfaat Ginseng bagi Kesehatan dan Kenapa Dinamakan Gin-Seng

Manfaat Ginseng bagi Kesehatan dan Kenapa Dinamakan Gin-Seng

Ginseng
Akar ginseng

Ginseng meliputi beberapa spesies tanaman dari genus Panax dengan akar bercabang dua dan bunga-bunga kecil kehijauan yang dikelompokkan dalam umbel. Varietas utama ginseng termasuk diantaranya dari Asia (Panax ginseng) dan Amerika (Panax quinquefolius). Varietas utama lainnya, Siberia ginseng (Eleutherococcus senticosus), berada dalam keluarga yang sama dengan dua yang pertama tetapi dari genus yang berbeda. Kata ginseng berasal dari bahasa Mandarin renshen: ren, yang berarti “orang,” dan shen, yang berarti “akar”. Kemungkinan besar karena bentuk akar yang bercabang mirip dengan kaki manusia.

Sejarah Ginseng

Ginseng telah digunakan di China selama 5.000 tahun. Karena banyak kaisar-kaisar Cina membutuhkan ginseng untuk pengobatan maupun stamina, oleh karena itu nilai jualnya juga tinggi dan banyak diminati. Penduduk Asli Amerika memiliki peran penting atas budidaya ginseng di Amerika Utara. Suku Cherokee, Iroquois, dan suku-suku lain menggunakan ginseng sebagai obat untuk berbagai penyakit dan untuk peningkatan kesehatan umum.

Manfaat dan Kegunaan Ginseng

Penyembuhan: Ginseng dianggap sebagai obat mujarab, obat untuk segala penyakit. Berkat adanya kandungan adaptogen, zat alami yang membantu tubuh beradaptasi dengan stres, dan juga menurunkan kadar gula darah. Ginseng dikaitkan dengan stimulasi dan kejantanan serta merupakan obat umum untuk impotensi. Mereka yang menggunakan obat jantung seperti pengencer darah tidak boleh mengonsumsi ginseng, karena dapat mengakibatkan interaksi negatif.

Penggunaan Magis: Ginseng adalah ramuan cinta yang kuat. Karena khasiatnya dapat membangkitkan gairah dan nafsu, terutama ketika diminum sebagai teh. Membakar akar atau bubuk ginseng sebagai dupa dipercaya dapat mengusir negativitas, mengusir kejahatan, dan membuang nasib buruk atau kutukan. Sebagai jimat, ginseng dipercaya dapat membawa keberuntungan, kemakmuran, umur panjang, dan kesuburan.

Pertumbuhan Pribadi / Spiritual: Ginseng meningkatkan level energi mental dan fisik, yang kemudian dapat digunakan untuk memanfaatkan kekuatan internal. Lebih lanjut efeknya dapat mengurangi stres psikologis dan mempertajam kekuatan mental. Ginseng juga membantu dalam pemenuhan visualisasi. Minumlah ginseng sebelum meditasi untuk meningkatkan kejernihan dan rasa tenang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here