Manfaat Olahraga di Rumah Saat Menstruasi

Posted by

Olahraga di rumah ketika Anda sedang menstruasi nyatanya memberikan banyak sekali manfaat. Saat tengah menstruasi atau haid, terjadi perubahan pada hormon tubuh wanita. Hal tersebut pada akhirnya akan mengakibatkan munculnya gejala seperti rasa lemas, lelah dan pusing, bahkan terkadang nyeri di area sekitar payudara dan juga perut.

Kondisi ini pun seringkali dijadikan sebagai alasan mengapa mayoritas wanita menghindari aktivitas berat termasuk olahraga ketika mereka tengah menstruasi. Sebagian besar dari wanita menganggap bahwa aktivitas fisik yang cukup tinggi bisa memperparah nyeri haid tersebut.

Selain itu juga rasa pusing dan lemas mungkin benar-benar telah menghilangkan minat dalam melakukan kegiatan olahraga. Padahal sebenarnya melakukan olahraga di rumah ketika menstruasi cukup penting untuk dilakukan dalam menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh.

Apa Manfaat Olahraga di Rumah Saat Menstruasi?

Meringankan Kram di Perut

Nyeri dan juga kram di area sekitar perut merupakan salah satu gejala yang memang paling umum terjadi ketika menstruasi. Tapi itu bukan berarti di sini Anda harus berhenti melakukan aktivitas saat mengalami hal tersebut.

Dari sebuah penelitian yang pernah dilakukan menyebutkan bahwasanya kegiatan olahraga ringan yang dilakukan di rumah justru akan membuat Anda terhindar dari kram perut tersebut. Menurut riset tersebut juga menyebutkan bahwa mereka yang haid akan merasa jadi lebih baik lagi ketika sering bergerak.

Semakin aktif Anda bergerak, maka rasa nyeri tersebut akan makin berkurang. Aktivitas bergerak saat Anda tengah menstruasi bisa membantu dalam melewati masa menstruasi tersebut dengan lebih baik serta untuk meredakan kram di perut. Tapi meski begitu Anda harus tetap perlu membatasi gerakan agar tidak terlalu berlebihan.

Merasa Lebih Bahagia

Perubahan suasana hati atau mood yang terjadi secara tiba-tiba saat Anda tengah mens merupakan hal yang umum. Nyatanya dengan olahraga di rumah hal itu bisa jadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghindari mood swing tersebut. Alhasil mood akan jadi lebih terjaga dan membuat Anda nantinya jadi lebih merasa bahagia.

Hal itu dikarenakan ketika olahraga tubuh Anda akan mulai melepaskan hormon endokrin yang mana hal itu bisa meningkatkan mood. Tak hanya itu saja, olahraga pun juga bisa membuat pikiran Anda nantinya teralihkan dari rasa nyeri serta perasaan yang kurang nyaman yang terjadi selama menstruasi.

Sebuah riset terbaru menunjukkan di sini bahwasanya melakukan kegiatan rutin olahraga dalam jangka panjang hal itu bisa membuat tubuh nantinya jadi lebih sehat dan bugar, dan tentunya lebih sedikit mengalami gejala PMS tiap bulannya.

Suhu Tubuh yang Terjaga

Ketika Anda tengah menstruasi tubuh akan mengalami proses penurunan suhu. Dengan di sini rutin melakukan kegiatan olahraga maka Anda akan terjaga keseimbangan suhu tubuhnya. Hal itu dikarenakan tubuh akan menyimpan panas lebih lama dari biasanya, sehingga akan mencegah tubuh jadi lemas.

Haid yang Lebih Lancar

Manfaat selanjutnya dengan melakukan kegiatan olahraga di rumah ketika Anda menstruasi yaitu membuat haid jadi lebih lancar. Rutin berolahraga secukupnya ketika menstruasi akan mengurangi permasalahan pada sirkulasi darah.

Seperti contohnya di sini kemacetan di area panggul. Berolahraga dan mengeluarkan keringat bisa benar-benar meredakan nyeri dan hal tersebut juga akan memberikan efek tenang terhadap tubuh Anda.

Namun bagaimanapun juga di sini Anda perlu untuk memperhatikan jenis olahraga yang nantinya hendak dilakukan selama masa haid. Perlu diingat pula agar Anda tidak terlalu memaksakan diri dan istirahat jika tubuh sudah benar-benar lemas. Pilih olahraga yang ringan dan tidak melibatkan terlalu banyak otot.

Leave a Reply

Your email address will not be published.