Mau Ikut Kelas Pilates? Yuk, Ketahui 8 Persiapan Ini Terlebih Dahulu

Posted by

Kawan Puan, berusaha tetap aktif dengan berolahraga itu sangat menyenangkan, ya. Ada yang bisa dilakukan di rumah, tempat gym, lapangan, atau di studio. Nah, kali ini PARAPUAN akan membahas salah satu olahraga yang sering dilakukan dalam studio dan ada instrukturnya, yakni pilates.

Pilates merupakan latihan low impact yang tujuannya untuk memperkuat otot otot inti di tubuh, meningkatkan keselarasan, dan bisa memperbaiki postur tubuh. Gimana Kawan Puan, apakah kamu tertarik? Tapi ingat, sebelum mengambil kelas pilates, ada beberapa persiapan yang harus diketahui.

Mengutip dari , berikut hal yang wajib dipahami oleh pemula sebelum mendaftarkan diri ke kelas pilates: Bagi pemula, ada serangkaian gerakan yang patut dicoba yakni: Kawan Puan, kamu harus tahu kalau ada dua jenis pilates yakni mat pilates dan reformer pilates.

Mat pilates adalah kelas yang didasarkan pada penggunaan matras yang tebal. Sedangkanreformer pilates merupakan pilates yang menggunakan beberapa alat yang bisa digeser, seperti palang kaki, pegas, dan katrolyang memberikan resistensi. Setiap cabang olahraga memiliki istilahnya masing masing, begitu pun dengan pilates.

Adapun beberapa istilah yang wajib diketahui sebagai pemula, yakni: Kalau kamu masih asing, tenang saja Kawan Puan, sebab lama kelamaan akan terbiasa dengan istilah istilah tersebut, kok! Kawan Puan, jika kamu merasa lebih nyaman melakukan pilates di rumah, maka silakan saja. Tidak perlu ke gym atau studio senam.

Kemudian, supaya tidak salah dalam gerakannya, kamu bisa mengikuti kelas pilates secara virtual. Dalam kelas pilates virtual kamu akan dibimbing oleh instrukturnya langsung. Kawan Puan, meskipun pilates bukanlah latihan olahraga dengan intensitas tinggi, tapi gerakannya sungguh akan membuatmu kelelahan, lo!

Mulai dari otot yang terasa terbakar dan keesokan harinya badan terasa sangat sakit. Hal ini terjadi karena pilates memfokuskan gerakan pada otot otot inti di tubuh. Kawan Puan, meskipun kamu bisa mengambil pilates setiap hari, tapi hendaknya jangan dilakukan setiap hari.

Kamu pun boleh menjadikan pilates sebagai olahraga harian, tapi luangkan waktu juga untuk berisitirahat ya. Pasalnya seberapapun aktifnya kamu, tubuh tetap butuh istirahat. Dengan memberikan jeda latihan, maka saat memulai pilates lagi tubuh pun akan lebih siap.

Kawan Puan, sebaiknya kamu tetap hati hati dan waspada terhadap gerakan gerakan pilates, terutama bagi kamu yang pemula. Kalau terjadi nyeri ringan atau otot yang terasa sakit itu tidak masalah, sebab bagi kamu yang pemula, hal ini sering terjadi. Lalu, kalau seandainya tubuh bagian punggung bawah terasa sakit dan menjalar ke pantat itu termasuk cedera umum juga.

Kondisi ini terjadi karena saat berlatih tubuhmu tidak sesuai dengan gerakan yang seharusnya. Saat pilates, usahakan untuk menggunakan baju yang nyaman. Tujuannya supaya kamu lebih leluasa saat bergerak.

Misalnya untuk celana disarankan memakai legging daripada celana pendek. Untuk alas kaki, kamu bisa memilih untuk telanjang kaki atau menggunakan kaus kaki. Kawan Puan, semoga kedelapan poin dari ulasan di atas bisa membantumu sebelum mendaftarkan diri ke kelas pilates ya. (*)

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.