Mau Mesin Motor Lebih Mengkilap? Lakukan Cara Ini

Posted by

Penampilan motor memang hanya bisa dilihat dari luar, tapi apa artinya jika penampilan luar diperhatikan tetapi bagian dalam seperti mesin dan komponen lainnya tidak diperhatikan sama sekali. Ini merupakan sebuah kesalahan yang dilakukan pemilik kendaraan, harusnya bisa menyeimbangkan penampilan luar dan dalam. Sekalipun bagian mesin tidak terlihat dari luar, bukan berarti penampilan mesin jadi diabaikan. Padahal kebersihan mesin juga penting untuk mendukung kinerjanya agar tetap maksimal serta optimal. Jadi jangan lupakan untuk membersihkan mesin motor, kalau bisa buat mesin jadi lebih mengkilap dengan beberapa cara ini, penasaran?

 

Gunakan bahan amplas

Sebelum mulai dibersihkan, sebaiknya lakukan dulu proses amplas yang bertujuan untuk menghilangkan kotoran atau karat yang menempel pada mesin. Jika terdapat karat maka bisa memilih amplas kasar, sedangkan jika ingin membersihkan noda atau sedikit kotoran bisa gunakan amplas halus. Apalagi karat yang terdapat pada permukaan mesin bisa membuat mesin jadi rusak karena reaksi dari air yang ada pada mesin. Jadi solusi untuk menghilangkannya adalah dengan mengamplas sampai bersih.

 

Cuci motor

Setelah proses amplas selesai, dilanjutkan dengan mencuci motor menggunakan sabun yang khusus untuk motor agar hasilnya bisa lebih maksimal. Perhatikan juga saat mencuci area mesin agar tidak ada air sabun yang masuk ke mesin melalui celah yang ada. Dengan mencuci blok mesin, setidaknya bisa menjadi bersih dibanding sebelumnya walaupun masih membutuhkan tindakan berikutnya.

 

Siapkan cairan metal polish

Untuk membuat komponen mesin jadi mengkilap maka bisa menggunakan cairan yang disebut dengan metal polish. Cairan ini memiliki fungsi sebagai cairan pembersih yang bisa digunakan juga pada mesin. Di pasaran, cairan ini terdiri dari 2 jenis yaitu cair dan juga pasta. Agar permukaan mesin mengkilap secara merata, maka harus memastikan semua area dicuci dengan pelan-pelan. Cairan ini terbukti ampuh untuk menghilangkan kotoran seperti kerak dan juga noda-noda lainnya.

 

Asam cuka bisa jadi pilihan

Selain metal polish, ada salah satu cairan yang mudah ditemukan dan cocok sekali digunakan untuk membersihkan mesin yaitu asam cuka. Cairan ini berasal dari hasil oksidasi antara kandungan besi dengan oksigen sehingga mampu membasmi kerak serta menghilangkan karat. Pertama, basahi semua permukaan mesin tepatnya pada area yang terdapat kerak kemudian sikat dengan benar dan gosong berulang dengan hati-hati agar tidak ada cairan yang menempel pada body motor.

 

Jika mesin motor tidak pernah dirawat dan hampir semua permukaan karatan dan berkerak, maka ada baiknya menjual motor kepada pembeli yang tertarik. Untuk mendapatkan banyak pembeli yang tertarik dengan kondisi motor apa adanya, maka bisa bergabung dengan sistem lelang otomotif yang berlaku juga untuk motor di IBID. Balai lelang ini menghadirkan sebuah aplikasi yang benar-benar dibutuhkan oleh penjual karena bisa mendaftarkan diri sekaligus kendaraannya agar bisa dilelangkan pada jadwal tertentu, download aplikasi IBID pada Playstore serta melalui Appstore dan daftar sekarang juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *