Beranda Pengetahuan Mengenal Sistem Pemerintahan Indonesia Berserta Komponennya

Mengenal Sistem Pemerintahan Indonesia Berserta Komponennya

Garuda Pancasial
Garuda Bhineka Tungga Ika

Selama ini kita mungkin mengenal Indonesia memiliki bentuk negara kesatuan. Lalu bagaimana dengan sistem pemerintahannya? Mungkin banyak yang mengatakan sistem pemerintahan Indonesia adalah demokrasi.

Hal ini menunjukkan jika masih banyak yang kurang memahami terkait dengan sistem pemerintahan yang ada di Indonesia. Untuk meluruskan hal tersebut, kali ini akan diulas mengenai sistem pemerintahan yang ada di Indonesia. Selain itu juga harus dipahami terkait pokok-pokok yang ada dalam sistem pemerintahan Indonesia.

Memahami Sistem Pemerintahan Indonesia

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai pokok-pokok dalam sistem pemerintahan di Indonesia, sebaiknya dipahami dulu mengenai sistem pemerintahan Indonesia yang berlaku. Sebenarnya sistem pemerintahan di Indonesia adalah presidensial.

Sistem pemerintahan ini merujuk pada Undang-undang Dasar yang telah dilakukan amandemen. Secara umum presiden hadir sebagai kepala negara sekaligus mengemban jabatan sebagai kepala pemerintahan. Tapi, perlu diperhatikan sebagai negara demokrasi maka masalah pemilihan untuk presiden dan wakil presiden tetap diserahkan kepada rakyat.

Namun, jangan lupa bentuk pemerintahan yang berlaku di Indonesia adalah Republik Konstitusional. Maksudnya adalah negara yang bergerak atas dasar konsitusi. Pemerintah dalam suatu negara konsitusional memiliki batasan kekuasaan. Selain itu warganya juga memiliki jaminan hak asasi saat bentuk pemrintahan tersebut diterapkan

Bagaimana dengan bentuk dari Indonesia itu sendiri? Untuk bentuknya seperti yang telah sedikit disinggung dalam bagian pembuka, bentuk negara Indonesia adalah negara kesatuan. Hanya saja Indonesia menerapkan prinsip otonomi daerah. Ini salah satunya dikarenakan potensi daerah yang berbeda-beda serta wilayah Indonesia yang cukup luas.

Pokok-pokok Dalam Sistem Pemerintahan Indonesia

Tadi sudah banyak dibahas mengenai sistem pemerintahan di Indonesia serta berbagai hal lainnya yang menyangkut sistem pemerintahan tersebut. Sekarang saatnya membahas mengenai pokok-pokok dari sistem pemerintahan tersebut yang harus dipahami.

  • Menteri atau kabinet yang ada di Indonesia diangkat oleh presiden. Nantinya para menteri di dalam kabinet ini memiliki tanggung jawab kepada presiden.
  • Untuk bagian parlemen terbagi atas 2 bagian atau yang disebut sebagai bikameral. Untuk yang petama adalah Dewan Perwakilan Rakyat atau DPR serta Dewan Perwakilan Daerah atau DPD. Keduanya merupakan bagian dari MPR atau Majelis Permusyawaratan Rakyat.
  • Kekuasaan legislatif di Indonesia dipengang oleh DPR. Selain memiliki kekuasaan legislatif, ia juga bertugas melakukan pengawasan terhadap kinerja pemerintahan.
  • Di Indonesia kekuasaan Yudikatif dipegang oleh Mahkamah Agung. Berbagai badan peradilan yang berada di bawah Mahkamah Agung juta turut hadir dalam bagian kekuasaan Yudikatif ini.
  • Perlu dipahami jika pada sistem perintahan ini ada beberapa unsur yang diambil dari sistem pemerintahan parlementer. Beberapa hal yang dirasa menjadi kelemahan dari sistem pemerintahan presidensial juga dihilangkan di sini.
  • Presiden di Indonesia dapat diberhentikan sewaktu-waktu oleh MPR. Ini semua dapat dilakukan jika ada usulan dari DPR. Memang secara tidak langsung menunjukkan adanya kekuasaan pengawasan presiden yang dilakukan oleh DPR.
  • Untuk mengangkat seorang pejabat negara, presiden harus lebih dahulu melalui pertimbangan serta persetujuan DPR.
  • Selain pengangkatan pejabat negara pertimbangan atau persetujuan juga harus dilakukan jika ingin mengeluarkan suatu kebijakan tertentu.
  • Rupanya di Indonesia sendiri, parlemen memiliki kekuasan yang besar untuk membentuk suatu undang-undang serta melakukan hak budget.

Berbagai pokok yang disebutkan di atas merupakan pokok-pokok yang hadir pasca amandemen Undang-undang Dasar 1945. Pasca adanya amandemen undang-undang tersebut hadir perubahan yang cukup signifikan dalam beberapa sektor pemerintahan.

Salah satu yang mengalami perubahan tentu saja Sistem Pemerintahan Indonesia. Dimana meskipun menggunakan sistem pemerintahan presidensial namun ada beberapa perbaikan yang dilakukan guna membuat sistem pemerintahan ini berjalan dengan lebih baik. Jadi sekarang bagaimana? Sudah memahami terkait dengan sistem pemerintahan yang ada di Indonesia?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here