Beranda Kesehatan Menghitung Uang Ternyata Bisa Terkena Penyakit, Ini Alasannya

Menghitung Uang Ternyata Bisa Terkena Penyakit, Ini Alasannya

Menghitung uang dolar
Menghitung uang dolar

Memiliki Banyak Uang

Memiliki banyak uang dan bebas dari hutang memang bisa membuat orang bahagia, tetapi di sisi lain juga bisa bikin tidak sehat alias tertular penyakit. Kenapa bisa begitu? Uang yang sudah berpindah dari ribuan bahkan jutaan tangan ke tangan bisa mengandung bakteri dan kuman yang membawa penyakit berbahaya kepada kita.

Bahkan, dalam sebuah penelitian yang bertema Dirty Money Project, dimana penelitian ini dilakukan oleh para ilmuwan di New York University bahwa ditemukan setidaknya ada 3.000 jenis bakteri yang bersembunyi dalam satu lembar uang kertas.

Bakteri bukan satu-satunya yang bisa kita temukan dalam uang kertas. Penelitian menunjukkan bahwa mayoritas uang tunai di AS telah terkontaminasi dengan kokain karena banyak pengedar narkoba menggunakan tangan kosong untuk memindahkan uang.

Ada juga masalah lain, seperti kotoran, sebagaimana dilaporkan dalam Southern Medical Journal pada tahun 2002. Ada juga berita heboh beberapa waktu lalu, dimana ada beberapa teller bank terkena penyakit menular seksual hanya akibat lalai menghitung uang tunai tanpa menggunakan pelindung tangan.

Uang Kertas Benar-Benar Kotor

Peristiwa ini terjadi di Wenzhou, Cina dimana dua teller bank yang dilaporkan terkena penyakit menular berbahaya setelah menghitung uang. Setelah dirujukkan ke dokter spesialis penyakit dalam, diketahui bahwa mereka telah tertular penyakit menular seksual (PMS) setelah menyentuh uang kertas di bank.

Kulit kelaminnya ditumbuhi kutil dan sangat gatal akibat penularan penyakit tersebut. Para ginekolog berteori bahwa kedua wanita tersebut terinfeksi oleh uang tunai secara tidak langsung setelah menyentuhnya dan kemudian pergi ke kamar mandi. Sayangnya, dalam hal ini mereka tidak mencuci tangan terlebih dahulu sebelumnya sehingga virusnya langsung dengan mudah berpindah ke dirinya.

Salah satu teller diketahui aktif secara seksual, tetapi hanya dengan satu pasangan saja sebelum dia terkena PMS. Menurut teller yang berusia 30 tahun tersebut, pasangannya, yang merupakan tunangannya, dinyatakan negatif atau bersih dari semua jenis penyakit menular seksual. Di sisi lain, teller atunya, mengungkapkan bahwa dia tidak memiliki pengalaman seksual sebelumnya sama sekali.

Klarifikasi Terkait Penyebaran PMS

Menurut para ahli medis, sebagian besar PMS tidak menyebar hanya dengan menyentuh barang-barang kotor terkontaminasi, seperti uang, peralatan, dan kursi toilet. Seseorang juga tidak langsung tertular dengan hanya berenang di kolam renang umum yang digunakan oleh banyak orang bersama-sama. Namun bukan berarti kita 100 persen aman, terutama yang berkaitan dengan kutil kelamin. Bahkan penjelasan dokter, kutil ini dapat dengan mudah menyebar melalui kontak kulit. Bahkan gejalanya bisa sangat parah meski tidak disertai dengan kemunculan kutil sekalipun

Kutil kelamin sering menyebar melalui hubungan seks vaginal, oral, dan anal. Penting untuk tetap bersih setelah memegang uang kotor dengan mencuci sesudahnya. Agar benar-benar aman, selalu cuci tangan setelah mencuci barang apapun, terlebih yang tidak jelas darimana asal muasalnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here