Beranda Pengetahuan Mesin Pendulang Emas Terbaik Untuk Penambang Swadaya

Mesin Pendulang Emas Terbaik Untuk Penambang Swadaya

Harta karun emas
Harta karun emas

Emas merupakan logam mulia yang sangat tinggi nilai jualnya. Tidak heran, usaha pertambangan di Indonesia cukup banyak diminati bahkan oleh segelintir masyarakat kecil dengan mendirikan pertambangan swadaya berbekal mesin pendulang emas sederhana.

Harga emas yang terus menerus naik secara signifikan serta bumi nusantara yang kaya akan kandungan emasnya membuat tanah air kita ini menjadi incaran penambang emas dari berbagai penjuru dunia. Seperti PT Freeport Indonesia yang adalah perusahaan afiliasi dari Freeport-McMoRan Copper & Gold Inc.

Nah, bagi Anda yang tertarik ingin memulai usaha pertambangan emas swadaya, alangkah baiknya untuk mempertimbangkan terlebih dahulu metode dan alat penambang yang akan Anda gunakan agar emas yang dihasilkan lebih optimal.

Metode Penambangan Emas

Ada dua jenis metode penambangan emas, penambangan dengan cara dan alat tradisional dan penambangan emas dengan cara dan alat modern. Untuk lebih jelasnya silakan simak ulasan mengenai kedua metode di atas.

Cara Tradisional

Seperti namanya, cara menambang emas dengan metode tradisional ini menggunakan alat bantu sederhana yang bisa diperoleh di lingkungan sekitar. Jadi cara ini tanpa menggunakan mesin pendulang emas. Misalnya cangkul, sekop dan ayakan untuk memisahkan emas dengan bahan lainnya.

Untuk mendapatkan tempat yang potensial, biasanya para penambang tradisional hanya mengandalkan perkiraan saja. Butuh waktu lama untuk pemula agar bisa menemukan tempat yang terdapat kandungan emasnya.

Cara Modern

Teknologi pertambangan emas yang kian berkembang melahirkan berbagai macam mesin dan alat bantu canggih yang memudahkan proses pencarian dan pengolahan logam mulia yang satu ini. Berikut beberapa alat atau mesin pendulang emas dengan metode modern.

1. Alat Pendeteksi Emas

Alat pendeteksi emas berfungsi untuk mencari tanah dengan kandungan emas di dalamnya sehingga Anda tidak perlu menggali kesana kemari untuk mengetahui seberapa potensial tempat tersebut.

Ada beberapa jenis mesin pendeteksi emas yang bagus, diantaranya:

ACE400i – Garrett

Selain dapat mendeteksi emas, alat ini juga dapat mendeteksi jenis logam lainnya serta sensor yang kedap air. Alat ini dibanderol kisaran Rp12.000.000.

AT Gold – Garrett

Sensor yang digunakan sangat sensitif dan penggunaan yang mudah sehingga cukup bagus dipakai oleh pemula sekalipun. Alat ini dijual dengan harga kisaran Rp17.000.000.

GPZ7000 – Minelab

Digadang-gadang sebagai alat pendeteksi terbaik di dunia, GPZ7000 buatan Minelab memiliki sensor yang lebih akurat dibandingkan alat sejenisnya. Alat ini dijual seharga Rp150.000.000.

2. Dompeng Selam

Dompeng selam atau Gold Dredge adalah mesin penangkapan emas untuk penambangan yang berlokasi di tempat yang berair seperti sungai, danau, dan sebagainya. Berikut model dompeng terbaik rekomendasi untuk Anda.

Taipan

Mesin dompeng emas untuk survey, prospecting, pengecekan lokasi, dan untuk produksi berskala kecil dengan kapasitas 44 kubik/jam.

Scylla

Adalah mesin dompeng yang profesional dengan pengoperasian yang efisien dan produktifitas sedang yang berkapasitas 65 kubik/jam.

Spyro

Berkapasitas 100 kubik/jam, alat ini mampu memiliki efisiensi tinggi dengan biaya operasional yang kecil.

3. Karpet Emas

Terdapat karpet emas dengan sekala kecil yang dapat dioperasikan tanpa excavator dan skala besar yang harus menggunakan excavator. Anda dapat memesan alat ini yang dirancang sesuai kebutuhan Anda. Alat ini berfungsi untuk menyedot emas, batu, tanah, dan material lainnya.

4. Tromol Emas

Tromol emas atau Rotary Screen adalah alat untuk menyaring material kasar untuk mendapatkan konsentrat mineral dan logam berharga. Tromol emas juga dapat dipesan dan dirakit secara khusus sesuai dengan besar kecilnya  kebutuhan pertambangan Anda.

5. Konsentrator Emas

Alat ini berfungsi untuk memisahkan emas dari material-material lain. Dibawah ini beberapa modelnya yang bagus.

SFS – harga 13 – 36 juta

Super Concentrator(Manual) – harga 5 – 8 juta

Spiral Gold Magic – harga 11 juta

6. Flotasi

Adalah sistem pengolahan emas yang memanfaatkan sifat antar fasa untuk mengekstraksi mineral. Alat ini bisa dipesan sesuai kebutuhan.

Ada juga alat pendukung lainnya seperti truk kasbok goyang, piring dulang emas, mikroskop, sekop dan aksesoris penambang lainnya yang dapat membantu anda dalam bekerja.

Demikian ulasan mengenai mesin pendulang emas terbaik untuk Anda yang akan menekuni usaha pertambangan emas sendiri. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here