Beranda Lokal Pasar Tradisional Instagrammable Segera Hadir di Desa Blitar

Pasar Tradisional Instagrammable Segera Hadir di Desa Blitar

Sebuah pasar tradisional di Blitar, Jawa Timur, akan menyajikan tujuan wisata pasar yang memiliki banyak spot selfie keren untuk para wisatawan yang gemar berfoto ria.

Alamat Kampung Pasar Bathok
Alamat Kampung Pasar Bathok

Dengan menonjolkan kerajinan bathoknya yang khas, Pasar Bathok dijadwalkan akan dibuka pada bulan September di Jl. Kaliglagah, Tanjungsari, Sukorejo, Blitar.

“Tanggal pembukaan masih tentatif karena kami harus memastikan bahwa venue sudah 100 persen siap,” Zafaya Listia, koordinator Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Blitar, mengatakan seperti diberitakan Kompas.com.

Selain menjadi Instagrammable, pasar ini juga menampilkan panggung multifungsi untuk pertunjukan musik, teater, dan tarian.

Menariknya, transaksi di pasar nantinya akan menggunakan token yang terbuat dari batok kelapa yang disediakan oleh manajemen.

Don Kardono, juru bicara Kementerian Pariwisata, mengatakan Pasar Bathok memiliki potensi pariwisata yang besar.

“Ada banyak pengalaman yang ditawarkan di sini. Para pengunjung bisa mendapatkan banyak hal terkait proses kreatif pembuatan produk batok kelapa dan banyak lagi karena Blitar terkenal dengan barang-barang tersebut, ”katanya.

Blitar telah lama mengekspor produk tempurung kelapa seperti dekorasi rumah, topeng, barang-barang mode dan banyak lagi ke Malaysia, Thailand, dan pasar internasional lainnya.

Don menambahkan bahwa Pasar Bathok terletak bersamaan dengan Desa Wisata Bathok, yang diharapkan dapat meningkatkan aksesibilitas wisata ke kedua tempat wisata tersebut.

Pasar Bathok diperkenalkan kepada publik selama acara soft launching pada akhir Maret, menampilkan banyak permainan tradisional seperti jangkung kelapa, jangkungan bambu dan lompatan meja, serta musik live, festival kuliner dan lokakarya kerajinan tempurung kelapa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here